Haram Pakai HP di 5 Situasi Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Siapa sih yang nggak punya HP alias hape sekarang ini? Hampir bisa dipastikan semua pasti punya.

Mulai dari yang anak-anak sampai kawak-kawak. Dari yang petani sampai yang kantoran. Beda dengan dulu, hape hanya bisa dimiliki oleh mereka yang  berkantong tebal.

Namun kebayang nggak sih, jika HP ini digunakan di tempat yang salah, akan bisa menimbulkan efek negatif?

Ada yang ringan. Ada yang sedang. Bahkan ada sampai mengancam nyawa penggunanya. Ya gara-gara barang yang namanya “H-A-P-E” ini.

Nah, berikut 5 tempat “haram” untuk ber-hape-hape ria. Silahkan menikmati.

1. Ketika berkendara

Jangan banget deh kita menggunakan hape ketika mengendarai motor, mobil, atau kendaraan lainnya.

Karena tidak sedikit kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan hape ketika berkendaraan. Polisi juga sudah melarang, kan, ya?

2. Pas ngobrol dengan orang lain

Sebenarnya nggak salah juga sih kalau kita maen hape ketika ngobrol. Tapi kan dengan pertimbangan etika dan norma, hal itu nggak pantas banget dilakukan.

Baca juga:  Agar Tak Terlalu Sedih, Miliki 5 Sikap Ini Saat Kehilangan Sesuatu yang Dicintai

Tentunya kita pasti pernah menghadapi orang ngobrol dengan kita, tapi dianya malah bermain hape. Pasti sakitnya tuh di sini (sambil nunjuk kuping). Hehe.

3. Ketika sedang menghadiri sebuah acara

Lagi-lagi ini berkaitan dengan pertimbangan etika dan norma. Karena sungguh tak pantes banget jika dalam sebuah acara, kita terlalu sering bermain hape.

Apalagi jika kita menjadi orang penting di acara tersebut, pasti akan menjadi pemandangan yang kurang sedap dipandang para hadirin.

4. Saat ibadah

Ibadah kan adalah saat-saat kita berhubungan dengan Tuhan kita. Apa pun agamanya. Tentu agama manapun menuntut kekhusyukan dan kekhidmadan dalam beribadah.

Lha, salah satu cara agar ibadah kita tetap khusyu adalah dengan menghindari penggunaaan hape. Benar, nggak?

5. Bekerja

Ini bertujuan agar apa yang kita kerjakan bisa berjalan dengan lancar. Karena biasanya ketika seseorang berhape-hape ria, ia akan kehilangan fokus terhadap apa yang menjadi inti pekerjaannya. Semisal menulis.

Baca juga:  Jempol Kaki Anda Menebar Bau?? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Ketika menulis-kalau kita sedikit-sedikit menyentuh hape-pasti kita akan sedikit kehilangan konsentrasi. Begitu juga dengan aktifitas kita yang lain. Semisal membaca, menjahit, dan lain sebagianya.

So, gunakan hape pada tempatnya. Jangan sembarangan. Bukankah kalau kita menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya itu termasuk zalim? Ih, serem.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

M. Nurul Huda

Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta dan alumni Pesantren Pasca Tahfihz Bayt al-Qur'an Pusat Studi al-Qur'an Jakarta. Penikmat dadar jagung.
M. Nurul Huda

Latest posts by M. Nurul Huda (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close