Gaji Kecil Bukan Halangan untuk Menabung, Ini 5 Langkah Mengelola Keuangan Anda

  • 6
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

DatDut.Com – Dalam keluarga yang penghasilan ataupun gajinya masih pas-pasan tentu sulit untuk menyisihkan uang sebagai simpanan. Padahal uang simpanan atau tabungan itu sangat dibutuhkan bila sewaktu-waktu ada keadaan darurat dan mendadak.

Kecilnya gaji serta nominal yang tetap segitu-gitu saja tentu harus disiasati dengan berbagai cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. Di sisi lain kebutuhan keluarga akan terus berkembang. Tentunya Anda harus memiliki rumah, menyekolahkan anak, membeli tanah sebagai aset maupun lahan.

Nah, menurut pengalaman mereka yang pernah melewati masa-masa sulit seperti ini, gaji yang kecil harus disiasati dengan berbagai cara. Setidaknya 5 langkah berikut ini harus Anda terapkan jika ingin mencapai target di masa depan.

[nextpage title=”1. Mengevaluasi Berbagai Cicilan “]

1. Mengevaluasi Berbagai Cicilan

Jika Anda belum punya rumah sendiri, maka prioritas utama adalah mengumpulkan uang untuk membangun rumah ataupun mencicil rumah. Perlu dipertimbangkan untuk mencari cicilan rumah yang besarnya tidak sampai memangkas sebagian besar gaji bulanan.

Berbagai cicilan yang Anda ambil tentu harus dipertimbangkan dengan masak, jangan sampai setiap bulan hanya habis untuk membayar cicilan. Kalau memang belum memungkinkan, maka abaikan dulu keinginan memiliki kendaraan baru, perabotan baru dan sebagainya. Utamakan persoalan terbesar Anda, yaitu tempat tinggal.

Membuat anggaran belanja bulanan juga tak kalah pentingnya. Buatlah perencanaan secara tertulis agar belanja bulanan lebih terarah. Abaikan yang dirasa bukan kebutuhan pokok. Targetkan setiap bulan ada yang tersisa dari semua anggaran tersebut sebagai angkah awal mencicil tabungan.

[nextpage title=”2. Tak Usah Gengsi Beli Barang Second “]

2. Tak Usah Gengsi Beli Barang Second

Memiliki perabotan dan perlengkapan rumah tangga yang baru memang kepuasan tersendiri. Namun dalam masa-masa seperti ini, hal itu harus dikesampingkan.

Baca juga:  Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Diet

Belilah saja perabotan, furniture dan berbagai perelengkapan dalam keadaan bekas pemakaian. Yang penting fungsi utamanya bukan? Buat apa perabotan baru, kendaraan bagus, pakaian bermerek terkenal, tapi akhirnya nggak punya rumah?

Baik di internet maupun di sekitar kita banyak kok orang yang jual barang second tapi masih bagus. Tak hanya soal perabotan, urusan gadget pun sebaiknya mengutamakan fungsi utama saja. Bisa untuk SMS, telepon, buka internet, tanpa perlu keunggulan-keunggulan mewah seperti kamera super canggih, body mewah dan apalah-apalah lainya.

[nextpage title=”3. Kartu Kredit, Kemudahan yang Menjebak”]

3. Kartu Kredit, Kemudahan yang Menjebak

Bagi Anda yang masih memiliki gaji pas-pasan kartu kredit adalah termasuk barang yang akan lebih sering menjebak dan menjerumuskan dalam masalah tagihan yang membengkak.

Berbagai kemudahan saat memakai justru menuntut untuk berhati-hati, karena namanya tagihan, ya akan terasa berat karena sudah menumpuk. Jadi pertimbangkan apakah kartu kredit Anda lebih banyak manfaatnya ataukah justru berpotensi menambah beban tagihan yang akhirnya membuat tanggal tua kian suram.

[nextpage title=”4. Jadilah Pemburu Kupon Promo dan Diskon Menarik”]

4. Jadilah Pemburu Kupon Promo dan Diskon Menarik

Jika Anda tidak berbakat untuk menawar dagangan hingga berbusa-busa, maka berburu barang diskon dan kupon harga promo adalah cara yang lebih cerdas.

Sudah jadi tradisi bagi gerai supermarket maupun pusat perbelanjaan selalu ada harga diskon tiap bulannya.

Mintalah katalog harga saat Anda belanja, terutama di awal dan di pertengahan bulan. Saat itulah Anda bisa merencanakan untuk belanja kebutuhan harian rumah tangga dengan mengincar produk-produk yang sedang promo.

Namun sekali lagi, tetaplah ingat akan komitmen belanja prioritas dan rencana anggaran bulanan seperti yang dibahas di point pertama. Jangan sampai harga promo murah justru membuat Anda terlena hingga anggaran bulanan jebol.

Baca juga:  Ingin Ilmu Berkah? Lakukan 5 Hal Ini, Salah Satunya Hormati Guru!

[nextpage title=”5. Patuh dan Disiplin terhadap Aturan Sendiri”]

5. Patuh dan Disiplin terhadap Aturan Sendiri

Banyak orang yang gagal melaksanakan rencana anggaran belanjanya justru karena tidak patuh pada anggaran yang ia tulis sendiri.

Karena itu disiplin dan patuh pada aturan sendiri adalah kunci dari semuanya. Mau sedetail dan sematang apapun perencanaan, tapi kalau lemah di pelaksanaan maka hanya akan jadi rencana sia-sia.

Selain itu, jangan hanya bergantung pada gaji bulanan saja. Sempatkanlah mencari tambahan penghasilan. Bisa dengan menjadi agen pulsa, bisnis online, atau apapun yang tidak sampai mengganggu aktivitas utama.

Kecuali jika memang hasil sampingan ternyata telah menjanjikan, tak pa Anda keluar dari zona aman untuk membangun bisnis sendiri. Banyak lho yang akhirnya keluar dari kerja kantoran karena hasil dari bisnis online misalnya, justru melebihi gaji bulanannya.

Itulah 5 hal paling dasar yang dapat kita lakukan sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil dan pas-pasan. Semoga bermanfaat.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin
  •  
    6
    Shares
  • 6
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close