Foto-foto Palsu Rombongan Peserta Aksi Bela Islam Beredar di Medsos Jelang 411, Berulangkah Jelang 212?

  • 10
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Dibaca: 244

Waktu Baca2 Menit, 53 Detik

DatDut.Com – Foto Palsu yang diklaim sebagai rombongan peserta demo “Aksi Bela Islam II” alias Aksi 411, mewarnai suasana menjelang hari H. Banyak di antaranya disebar via FB dan menjadi viral. Seperti dalam salah satu Group bernama FPI (Front Pembela Islam) Indonesia, foto-foto yang dikatakan sebagai rombongan luar DKI ini mengundang banyak komentar, tanggapan maupun di-share ratusan bahkan ribuan kali.

Bukan memperkecil atau meniadakan mereka yang datang dari luar DKI, namun keberadaan foto-foto yang diklaim sebagai rombongan pendemo itu kian membuat berita simpang siur. Selain itu semakin menegaskan bahwa dalam demo itu akan ada saja pihak-pihak tertentu akan menyulut api dan memicu pertumpahan darah.

Diantara sekian foto yang beredar, ada yang memang asli dan nyata atau masih belum ditemukan foto serupa namun dalam momen lain, namun banyak pula yang jelas-jelas membohongi pembaca. Dua status ini contohnya. Berikut hasil penelusuran paling mudah via Google Image Search yang menghasilkan data kebenaran untuk foto-foto berikut ini:

[nextpage title=”1. Kumpulan Foto Razack Marzucky”]

1. Kumpulan Foto Razack Marzucky

foto-keberangkatan-rombongan-demo-1

Kumpulan foto ini diunggah oleh akun Razack Marzucky dan dibagikan ulang dalam Grup tersebut. Mendapat tanggapan dan like sejumlah 7,1 ribu, komentar berjumlah 1,7 ribu. Yang fantastis, status kumpulan foto ini dishare sebanyak 9.660 kali. Luar biasa!

Mari kita lihat data aslinya. Apakah foto itu benar atau ada distorsi informasi alias hoax?!

Baca juga:  Agar Bijak Bermedsos, Pesan Dua Sahabat Nabi Ini Penting sebagai Panduan di Dunia Maya

Rombongan Wisata

gambar-1

Gambar aslinya adalah ini. Rombongan mobil pariwisata tahun 2014. Pernah diunggah di situs www.go-wisata.com.

gambar-1-aslinya-ini

Rombongan Wisata Juga

gambar-2

Gambar aslinya dibawah ini. Diungah pada Februari 2015 dalam blog beralamat Physcosea.blogspot.co.id.

gambar-2-aslinya-ini

Penjemputan Jamaah Haji

gambar-3

Aslinya adalah tentang berita dibawah ini. Penjemputan jamaah haji asal Langsa pada Minggu 25 Oktober 2015. Dimuat salah satunya oleh theglobejurnal.com.

gambar-5-aslinya-ini

Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kuningan

gambar-4

Aslinya adalah gambar berita di bawah ini. Ilustrasi pemberangkatan jamaah calon haji Kuningan untuk berita calon Jamaah haji kuningan yang daftar tunggunya mencapai 10.700. Diberitakan oleh situs Pikiran Rakyat 28 Agustus 2015. Bahkan dalam gambar comotan di atas, logo milik situs Pikiran Rakyat pun masih terbawa.

gambar-4-aslinya-ini

Rombongan Calon Haji Kab. Mandailing Natal

gambar-5

Aslinya adalah cuplikan video di Youtube tentang keberangkatan rombongan haji Kab. Mandailing Natal tahun 2015. Menggunakan 12 Bus ALS. Perhatikan posisi gambar pada menit ke 1:49.

gambar-5-aslinya-ini

[nextpage title=”2. Status Markus Johan”]

2. Status Markus Johan

gambar-6

Akun Markus Johan lumayan aktif di group tersebut. Kali ini ia mengunggah foto konvoi bus yang dikatakan sebagai rombongan dari Jambi. Status ini hingga tulisan ini dibuat telah mendapat 888 like dan tanggapan, dan dishare sebanyak 73 kali serta mendapat komentar 164.

Aslinya adalah cuplikan dari video Youtube dengan judul Konvoi Warna warni Bus Subur jaya. Perhatikan posisi gambar pada detik ke 0:18.

Baca juga:  Saat Politik Menyusup di Setiap Tema Pembicaraan

gambar-6-aslinya-ini

Akun Markus Johan dalam waktu yang sama juga mengunggah beberapa foto lain yang dikatakan sebagai rombongan dari Sumatera Barat. Berdasarkan penelusuran sederhana, penulis belum menemukan foto itu apakah juga dicomot dari Youtube, karena foto sejenis tidak ditemukan dalam pencarian via google.

Wa akhiran, bersemangat membela kemuliaan agama tentu sangat baik. Namun lebih baik lagi jika dengan cara yang wajar. Demo yang niatnya suci ini menjadi tercemar dengan penggunaan gambar-gambar palsu.

Lebih-lebih melihat para pembaca yang dengan refleks menshare, memberi “like” dan berkomentar Allahu Akbar, betapa mudah dibohongi pake gambar. Ini masih di dunia maya. Bagaimana jika berita palsu provokatif disebarkan saat aksi berlangsung? Semoga gambar-gambar palsu yang beredar di medsos jelang aksi 411 tidak terjadi lagi jelasng aksi 212. Semoga Allah SWT menyelamatkan saudara-saudara kita.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin
  • 10
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *