Topik

Fenomena “Om Telolet Om” Mendunia, dari Seru-Seruan hingga Jadi Penghasilan

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Trending Om Telolet Om tiba-tiba mengguncang dunia maya. Berbagai lini media sosial khususnya Facebook dan Twitter banyak yang latah melontarkan kata Om Telolet Om. Begitu meledaknya fenomena ini hingga yang semula tak mempedulikannya dan menganggap sebagai angin lalu jadi terkejut dan bertanya-tanya, apa itu telolet. What is Om Telolet Om Mean?

Fenomena trendingnya Om Telolet Om dan beredarnya berbagai video yang menampilkan keseruan dan keceriaan saat berburu telolet seakan menjadi selingan di antara panasnya ketegangan akibat kasus Ahok dan suasana politik menjelang Pilkada. Apalagi Om Telolet Om telah menjadi trending topic dunia.

Sebenarnya proses trendingnya Om Telolet Om bukan dadakan seperti menggoreng tahu bulat ya, tapi karena fenomena telolet sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Nah, bagi Anda yang tiap hari sibuk, atau kurang perhatian lalu terkejut dengan fenomena telolet, tiba-tiba komentar Om telolet Om dalam akun Fb atau twitter, simak fakta mencengangkan soal telolet berikut ini.

[nextpage title=”Asal Usulnya”]

Asal Usulnya

Begini, secara mudahnya ungkapan Om Tolelot Om berawal dari seruan bocah-bocah dan penggemar bus yang meminta pengemudi bus besar untuk membunyikan klaksonnya. Lama kelamaan bukan hanya anak kecil, tapi remaja hingga orang dewasa pun ikut-ikutan demam telolet. Tapi soal asal-usul, Om Telolet Om ternyata ada versi lain.

Dilansir oleh BBC Indonesia, ternyata pemilik pertama klakson telolet adalah PO Efisiensi. Menurut Manajer Komersil PO Efisiensi Syukron Wahyudi, sekitar 10 tahun lalu pemilik PO Efisiensi, Teuku Eri Rubiansah, pergi ke Arab Saudi dan mendengar bunyi klakson yang unik.

Ia lalu membeli untuk dipasang di bisnya, khusus bus reguler dengan trayek Cilacap-Jogja, Purwokerto – Jogja, dan Purbalingga – Jogja. Dan ternyata, istilahnya dulu bukan telolet, tapi tolelot. Lama-lama bergeser jadi telolet.

Baca juga:  Ahok Tak Juga Diberhentikan, LBH Ini Tulis Surat Terbuka untuk Presiden dan Mendagri

Versi Zaenal Arifin dari Bismania Community, fenomena telolet berawal dari kebiasaan para penggemar bus yang sering memotret bus, dan dibalas dengan dim atau suara klakson oleh pengemudi.

[nextpage title=”Telolet di Youtube, Twitter dan Facebook”]

Telolet di Youtube, Twitter dan Facebook

Viralnya Om Telolet Om tidak lepas dari peran youtuber yang mengunggah video hasil rekaman klakson bus yang lewat. Dalam penelusuran Youtube dengan pencarian tanggal unggahan, hasilnya ada 608 video. Video paling lama diunggah pada 19 November 2014.

Jadi, trending topic-nya telolet sebenarnya mulai disuarakan sejak 2 tahun lalu. Mulai sejak itulah bermunculan chanel yang memuat video-video hasil berburu telolet.

Dengan meledaknya om telolet om menjadi trending di twitter dan FB, yang paling awal panen tentunya adalah para youtuber. Salah satunya pemilik chanel dengan nama Andriawan Praktikto. Videonya yang berjudul Perang Tolelot Semua Bus Pandawa 87 ditonton hingga 1.320.582 kali.

Telolet meledak di twitter setelah para selebritis dunia turut meramaikan cuitan dengan tema Om telolet Om. Asalnya sih dari keusilan orang-orang Indonesia yang melontarkan komentar tidak nyambung berupa Om Telolet Om dalam cuitan para artis tersebut. Tak hanya itu, bahkan akun twitter Presiden Amerika Donlad Trump tak luput dari “serangan” komentar telolet. Berikut ini beberapa screenshot-nya.

Tolelot Om Trump!

Firebeatz memenuhi seruan Om Tolelot Om dari follower-nya.

Wah, Dawin mau bikin lagu dengan judul Om Telolet Om

Sementara di FB, salah satu yang paling viral adalah koleksi video telolet milik Dwi Indra Rachma yang sudah dibagikan hingga 72.468 kali. Mendapat 6,5 ribu tanggapan dan dikomentari hingga 1,2 ribu komentar. Cek di sini biar nggak penasaran, dan dijamin ngakak.

[nextpage title=”Kreatif Telolet ala Youtuber”]

Kreatif Telolet ala Youtuber

Telolet tidak hanya sekedar diunggah utuhan lho. Para youtuber juga menggunakan suara klakson ala telolet untuk membuat video-video unik. Suara klakson dan riuhnya orang bersorak Om Telolet Om diedit dan digunakan untuk mengisi suara cuplikan video Hitler seperti video ini.

Baca juga:  Ada yang Lebih Penting dari Kontroversi Hijab Halal, Nih 5 Hijaber Labil

Tak hanya Hitler, cuplikan aksi Power Ranger pun tak luput dari aksi youtuber. Coba lihat videonya di sini.

[nextpage title=”Meme Satir Telolet Pendangkalan Akidah Menjebak Banyak Nitizen”]

Meme Satir Telolet Pendangkalan Akidah Menjebak Banyak Nitizen

Fenomena Om Tolelot Om ditanggapi secara lain oleh pemilik akun twitter, Safia Taftazani. Entah mendapat unduhan atau membuat sendiri ia mengunggah meme tentang haramnya telolet dalam akun twitternya.

Berbagai komentar miring menyerangnya, ada juga yang mendukung dan memahami satir tersebut. Meme tersebut memang merupakan satir atau sindiran buat sebagian orang yang memainkan cocok0logi untuk mengharamkan sesuatu, seperti yang diakui pemilik akun itu melalui cuitan setelah meme yang ia muat dibagikan hingga lebih dari 200 kali.

Kasus cocokologi misalnya yang terjadi pada kasus Pokemon beberapa waktu lalu. Di mana ada yang menghubungkan kata pokemon dengan bahasa tertentu dan mengklaim ucapan pokemon bisa membahayakan akidah. Nah, meme yang diunggah Safia menghadang mereka yang gemar berteori konspirasi. Begitulah kurang lebih maksud gambar Om telolet om versi pendangkalan akidah.

 

Nasrudin

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *