Pengen FB-an Nyaman dan Aman? Perhatikan 5 Trik Penting Ini!

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Banyak hal mudah namun penting dalam meningkatkan kenyaman dalam penggunanaan akun FB. Trik mudah itu masih dianggap sebagai hal rumit bagi sebagian orang. Ada juga yang menganggapnya sebagai trik rahasia.

Salah satu hal yang membuat kurang nyaman ketika membuka beranda kita adalah beberapa status lebay dari teman yang sedang jatuh cinta, atau justru patah hati.

Ada juga yang menganggap teman yang sedang berbisnis, selalu posting promosi dagangannya, upload segala tetek bengek terkait bisnisnya sebagai hal yang mengganggu pandangan.

Selain itu perlu juga meningkatkan keamanan akun FB. Utamanya bagi para aktivis tertentu yang punya kelompok lawan yang berpotensi menelikung dengan meretas akun FB. Pemilihan penyedia jasa surat elektronik (surel) atau email juga penting dalam peningkatan keamanan akun FB dari peretas jahat.

Nah,  dengan mengikuti 5 trik berikut ini akun FB Anda akan nyaman dipakai. Ini dia!

[nextpage title=”1. Gunakan Email dari Gmail”]

1. Gunakan Email dari Gmail

Email yang digunakan untuk mendaftar ke facebook sebaiknya menggunakan Gmail. Layanan email dari google ini memiliki keunggulan karena tingkat keamanan yang lebih. Ini karena adanya verifikasi via nomor Hp pengguna Gmail.

Dengan mengakitfkan fitur ini, ketika anda mengakses email dari browser, gadget atau komputer berbeda dari biasanya, maka Anda harus memasukkan kode tertentu yang diterima oleh nomor HP yang telah didaftarkan.

Dengan demikian, kemungkinan akun email diretas oleh orang bisa diminimalisir sekecil mungkin. Selain sebagai email, sekali mendaftar dan memiliki akun Gmail, Google memberi kita space penyimpanan dokumen online yang disebut Google Drive.

Kapasitasnya pun lumayan besar. 7 Gb, gratis pula. Dokumen penting yang perlu suatu saat diakses di lain tempat bisa “dititipkan” di drive online ini.

[nextpage title=” 2. Aktifkan Pemberitahuan Masuk Lewat Nomor HP”]

2. Aktifkan Pemberitahuan Masuk Lewat Nomor HP

Baca juga:  Membacalah agar Tak Seperti Denny Siregar dan Abu Janda!

Selanjutnya, gunakan fitur pengamanan masuk FB dengan mengatur pemberitahuan lewat nomor HP. Ini akan membuat akun FB kita memilik pengaman ganda. Pertama email menggunakan verifikasi via HP, demikian pula dengan akun FB.

Caranya, klik tanda di bagian atas kanan FB, lalu klik pengaturan. Kemudian ke Keamanan. Selanjutnya ke bagian Persetujuan Masuk, dan masukkan nomor HP Anda.

Hasil pengaturan ini mengharusan Anda atau orang lain yang ingin masuk ke akun FB harus memasukkan kode yang terkirim ke nomor yang Anda isikan. Efek sampingnya, kita harus mau ribet jika akan membuka FB di komputer atau gadget yang bukan biasa kita pakai, dengan selalu membawa HP.

[nextpage title=”3. Menulis Status yang Hanya Terbaca Orang Tertentu”]

3. Menulis Status yang Hanya Terbaca Orang Tertentu

Ada kalanya kita ingin menulis status tapi tidak untuk diketahui semua teman apalagi publik FB. Misalnya hanya diketahui pasangan yang sedang berada di tempat lain.

Tulis saja status Anda lalu klik tanda penunjuk bawah pada gambar bola dunia di samping tombol kirim. Akan tampil pilihan Publik, Teman, dan Khusus. Pilihlah Khusus, dan pilihlah orang yang anda inginkan untuk melihat status Anda dari list pertemanan.

Jangan lupa sebut orang tersebut dalam tulisan status Anda dengan menambahkan tanda “@” sebelum nama akunnya. Otomatis nama akun yang disebut akan menjadi tulisan biru. Orang yang Anda maksud akan mendapat pemberitahuan bahwa Anda menandainya dalam sebuah kiriman.

[nextpage title=”4. Menghilangkan Tayangan Status Tertentu Tanpa Memutus Pertemanan”]

4. Menghilangkan Tayangan Status Tertentu Tanpa Memutus Pertemanan

Beberapa dari teman kita yang mungkin lagi kasmaran atau justru patah hati kadang menulis status yang over lebay. Kadang juga mengumbar kata-kata mesra.

Ada juga beberapa orang yang selalu promosi bisnis atau produk yang ia jual. Kadang hal itu membikin risih mata kita. Mau di-delete dari list pertemanan gak enak. Nah begini caranya.

Baca juga:  Dari yang Lucu, Melecehkan, hingga yang Sadis dan Provokatif, Foto Profil Bertema Aksi 4 November di Medsos

Pilih salah satu status dari teman yang anda tidak ingin lihat postingan statusnya. Klik tanda ujung panah yang terletak di sudut kanan atas kolom status tersebut. Muncul beberapa pilihan, pilih Berhenti Mengikuti.

Dengan ini Anda tidak akan pernah melihat apa yang ditulis oleh teman FB tadi. Kalau ingin melihat perkembangan bisnis atau kasus lebay-nya, langsung saja ke kronologi teman kita tadi.

[nextpage title=”5. Selalu Aktif Tanpa Terlihat”]

5. Selalu Aktif Tanpa Terlihat

Saat akun FB kita buka, otomatis akun kita terlihat menyala hijau sebagai pertanda bahwa kita (pemilik akun) sedang online. Keadaan ini bagi sebagian orang dirasa kurang nyaman.

Orang-orang terkenal yang perlu bersosial media dalam ketenangan tanpa sapaan dan obrolan via pesan pribadi dari para penggemarnya, atau yang tidak mau terlihat menjadikan FB sebagai kerjaan, bisa menggunakan trik ini. Ini namanya bersosial media dalam mode tiarap, Hehe.

Klik gambar roda gerigi pada kotak obrolan. Lalu pilih Matikan Semua Obrolan pada pilihan yang muncul. Dengan begini, meskpun akun FB Anda aktifkan, orang lain (teman di FB) tidak akan melihat akun Anda dalam list obrolan sebagai akun yang berwarna hijau pertanda sedang aktif.

Komentar

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *