Fakta tentang Mesir Kuno yang Tak Banyak Orang Tahu

  • 1
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

DatDut.Com – Siapa yang tidak kenal dengan Mesir? Yang akan muncul di benak kita mengenai Mesir adalah tentang Raja Firaun dan Ratu Cleopatra, Piramida, Sungai Nil, de el el. Secara de facto, Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia loh!

Tahu ngga berapa usia Mesir sekarang? Usianya sudah lebih dari 5000 tahun.

Nah, dilihat dari usianya yang cukup lama, selama 3000 tahun Mesir dipimpin oleh Raja Firaun dari dinasti ke dinasti yang jumlahnya ada 30 dinasti.

Hebat ya Raja Firaun! Karena lamanya peradaban saat itu, maka Mesir Kuno dibagi menjadi 3 era yaitu, Old Kingdom, Middle Kingdom dan New Kingdom.

Setelah era New Kingdom, Kerajaan Mesir Kuno mengalami keruntuhan dan dikuasai oleh suku dari luar yaitu suku Romawi (oleh The Great Alexander), Arab, Turki (oleh Kesultanan Utsmaniyah).

Peninggalan peninggalan dari kerajaan Mesir kuno sangat banyak. Contohnya ada Piramida Giza di Giza, Spinx (Giza), Lembah para raja, Red Pyramid, Piramida Sakkara, Kota Memphis (kota Mesir kuno).

Jauh dari sejarah peradaban dan peninggalan Mesir Kuno, ada 3 fakta unik tentang Mesir Kuno yang wajib banget kita tahu loh! Mau tau nggak apa? Yuk kita ulas sama-sama!

Pertama, Orang Mesir Kuno percaya kalau pria juga mengalami menstruasi. Nah loh, kok bisa? Ada-ada aja kepercayaan Orang Mesir Kuno!

Lah iya bisa toh! Justru seorang pria yang tidak memiliki darah dalam urinnya, ia dianggap sakit. Padahal masalahnya adalah kebanyakan orang Mesir menderita Schistosomiasis.

Penyakit apa itu? Ada yang tahu? Schistosomiasis merupakan penyakit parasit yang menyebar karena bersentuhan dengan air yang terinfeksi.

Baca juga:  Sebelum Menyesal dan Terlambat, Yuk Ungkapkan Cinta pada 5 Orang Ini

Dan apabila penyakitnya sudah kronis, dapat menyebabkan anemia, infertilitas, bahkan kematian. Wah, serem ya!

Kedua, pria Mesir Kuno menggunakan make up. Loh kok kayak perempuan aja pakai make up segala. Ternyata bukan cuma perempuan ya yang pakai make up saat itu. Kenapa ya?

Mereka punya 3 alasan untuk melakukannya. Pertama, make up melindungi mereka dari sinar matahari. Kedua, mereka percaya para dewa Ra dan Horus baik terhadap siapa yang menggunakan make up. Ketiga, memakai make up diyakini dapat menyembuhkan.

Ketiga, Orang Mesir Kuno memiliki kepercayaan terhadap para dewa loh! Orang Mesir kuno masih kental dan percaya pada dewa yang menurut mereka adalah sebagai Tuhan Alam Semesta. Ada banyak dewa penting Mesir Kuno, diantaranya adalah:

  1. Amun yaitu Dewa Pencipta yang berhubungan dengan kesuburan. Kadang-kadang digambarkan seperti angsa, tapi lebih sering digambarkan sebagai seorang lelaki.
  2. Anubis yaitu Dewa Necropolis yang berhubungan dengan proses mumi. Biasanya berkepala anjing atau serigala.
  3. Bastet yaitu Dewa Perang yang berkepala singa atau kucing.
  4. Hathor yaitu Dewa Wanita juga Dewa Langit, Dewa pohon, atau Dewa Necropolis. Berkepala sapi atau tanduk sapi, seringkali dengan piringan matahari di kepalanya.
  5. Horus yaitu Dewa langit. Berkepala elang, seringkali dengan mahkota dobel.
  6. Isis: Istri Osiris yaitu penjaga dan tukang sihir. Seringkali menggunakan hieroglyph pada namanya dan kepalanya.
  7. Montu yaitu Dewa perang. Seringkali berkepala elang dengan piringan matahari dan rambut keriting di atasnya.
  8. Neith yaitu Dewa perang dan berburu. Memakai mahkota merah atau mempunyai dua anak panah menyilang dan perisai di kepalanya.
  9. Osiris yaitu penguasa dunia bawah, dewa tumbuh-tumbuhan kematian, dan suami-istri. Biasanya digambarkan sebagai mumi, memegang tongkat, dan memakai mahkota putih dengan tanduk.
  10. Ptah yaitu Dewa pencipta, pelindung para ahli, termasuk para arsitek, artis, dan pemahat. Biasanya digambarkan dengan lelaki yang berpakaian seperti mumi.
  11. Re yaitu Dewa matahari. Berkepala elang, sering digambarkan dengan kepingan matahari di kepalanya.
  12. Seth yaitu Dewa kekacauan, gurun, badai, dan perang. Biasanya berkepala seekor binatang yang tidak dikenal.
  13. Thoth yaitu Dewa tulisan dan perhitungan. Berkepala seekor ibis dengan bulan sabit. Kadang-kadang dilukiskan dengan kera.
Baca juga:  Tradisi Baru Anak Muda Belitung di Warkop

Wah, ternyata ada banyak dewa yang dipercayai oleh orang Mesir Kuno saat itu yah! Karena memang saat itu mereka masih sangat kental dan percaya dengan mitos.

Nah dari 3 fakta unik Mesir Kuno yang sudah kita ulas, dapat kita simpulkan bahwa setiap peradaan dan sejarah pada masa lalu pasti memiliki keunikannya tersendiri.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close