Terlalu Sering Nyinyirin Umat Islam, Ernest Ngenes Kena Batunya

0 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 725

Waktu Baca4 Menit, 14 Detik

DatDut.Com – Dunia komedian kembali bikin gerr. Bukan karena lucu dan mengocok perut tapi karena ujaran Ernest Prakasa. Kalau beberapa waktu lalu publik heboh karena komentar Uus yang dianggap melecehkan salah satu ulama, kini Ernest melakukan hal yang nyaris sama kepada Zakir Naik.

Kedatangan Zakir Naik, pendakwah yang mempunyai basis pendukung di Indonesia memang agak luput dari pemberitaan media karena hebohnya kedatangan Raja Salman. Wapres Jusuf Kalla menyambut dengan baik saat Zakir Naik berkunjung ke kediamannya pada Sabtu (4/3) yang lalu.

Karena terpengaruh pemberitaan salah satu media asing terkait Zakir Naik, Ernest Prakasa menuliskan cuitan di akun Twiternya. Sempat membuat heboh netizen, meski akhirnya minta maaf, namun cuitan itu terlanjur viral dan banyak masyarakat yang menyimpan rekam layarnya.

JK dgn hangat menjamu Zakir Naik, org yg terang2an mendanai ISIS. Sulit dipahami,” tulisnya.

Ulah komedian yang sebenarnya punya fans cukup banyak ini mengakibatkan efek domino. Dari hujatan netizen yang juga penggemarnya, hingga putusnya kontrak kerja dengan perusahaan yang ia bintangi iklannya. Berikut ulasannya.

1. Netizen Meramaikan Taggar #BoikotTolakAngin

Seperti halnya kasus Sari Roti, masyarakat Muslim menjadikan produk terkait dengan pelaku yang menyakiti perasaan umat Islam sebagai sasaran boikot. Tagar #BoikotTolakAngin menjadi trending topik di Twitter hingga Senin (7/3) kemarin.

Beragam komentar pun membanjiri akun artis komedian itu. Bahkan putra Ustadz Arifin Ilham turut berkomentar. Rupanya ia juga sempat ngefans dengan Ernest sehingga kecewa sekali ketika Ernest melontarkan cuitan SARA.

“Yang tadinya gue fans @ernestprakasa , jadi agak kecewa dan shock, setiap filmnya selalu gue tonton, dan sejak liat ini, mungkin film #CekTokoSebelah akan menjadi film dia yang terakhir gue tonton, semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua, aamiin #ErnestPrakasa,” cuitnya.

2. Ernest Minta Maaf

Melihat akibat ulahnya begitu heboh, Ernest segera meminta maaf secara umum di akun Twitter dan Instagram miliknya. Cukup panjang cuitan permintaan maaf tersebut.

Ernest menulis begini:

Teman2, izinkan saya mengungkapkan sesuatu. Tadi malam, dengan mengacu ke beberapa artikel di media asing, saya men-twit soal keterkaitan antara Zakir Naik & ISIS. Pada saat itu saya berpikir, karena medianya media terkenal maka beritanya valid. Tapi setelah banyak protes, saya jadi merenungkan bahwa apa jadinya seandainya yg mereka beritakan tidak benar. Maka saya sudah menyebarkan fitnah.

“Untuk itu, saya mohon maaf pada teman2 yg sudah tersakiti hatinya. Dengan tulus tanpa tekanan dari pihak mana pun saya ingin minta maaf, semoga ini jadi pelajaran bagi saya untuk lebih hati2 dalam menerima informasi di media.”

Terhadap sebagian netizen yang melabeli dirinya anti Islam, Ernest mengaku pasrah, namun dia juga membantah jika dicap anti Islam.

Baca juga:  Mencari Islam yang Memberdayakan Potensi, Bukan Islam yang Hanya untuk Debat dan Teori

Bagi teman2 yg sudah terlanjur melabeli saya “anti Islam” dan sebagainya, saya pasrah 🙂 Saya lahir hingga remaja di lingkungan Betawi Muslim & mereka tidak pernah mempermasalahkan agama saya. Saya sering dibully krn Cina, tp tidak pernah dibully krn Kristen. Jadi apa dasar saya untuk membenci Islam?” cuitnya.

Sekali lagi, saya mohon maaf, dan berjanji untuk lebih berhati-hati. Dimaafkan atau tidak, saya serahkan pada teman2 sendiri. “Enak banget tinggal minta maaf!”. Iya sih bener juga, tapi namanya orang salah, bisa apalagi selain minta maaf? Sekian dari saya, terimakasih udah ngebaca postingan ini.

Postingan itu diakhir dengan tambahan janji akan meng-unblock orang-orang yang semula ia block di media sosial.

(PS: buat teman2 yg terlanjur saya block krn comment2 sebelumnya, dgn senang hati akan saya unblock. Masalahnya, tidak spt di Twitter, di IG nggak ada blocked list. Jd satu2nya cara adalah minta tolong teman yg lain untuk infokan ke saya akunnya apa. Thanks.

Tanggapan netizen pun beragam. Ada yang menerima dan menyikapi dengan wajar. Namun pada kenyataannya tagar #BoikotTolakAngin masih terus bergulir.

3. JK Memaafkan, Polda Akan Tinjau

Seperti dilansir Detik News, Wapres Jusuf Kalla sendiri telah memaafkan cuitan Ernest terkait sambutannya pada Zakir Naik. Wapres juga tak akan melaporkan cuitan Ernest soal kegiatannya menyambut Zakir Naik sebagai tamu.

Baca juga:  Ini 5 Penjelasan tentang Pemimpin Non-Muslim dalam Konteks Indonesia

Kan dia sudah minta maaf. Nggak benar itu ya (soal Zakir Naik yang terlibat dengan ISIS). (Soal cuitan) tidak akan melapor (ke polisi),” ujarnya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, (7/3/2017).

Sementara itu Polda Metro Jaya juga menanggapi kasus yang viral itu. Dilansir Republika, Polda Metro Jaya berencana memeriksa dugaan hinaan Ernest Prakasa. “Nanti kita lihat ya, nanti kita cek bagaimana itu (kasusnya),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

4. Langgar Perjanjian, Tolak Angin Tidak Akan Perpanjang Kontrak

Efek domino cuitan SARA itu tak hanya berbuntut pada hujatan netizen dan berhenti dengan permintaan maaf dan maaf dari Wapres JK. Karena sudah menyeret produk dari perusahaan yang dibintanginya, maka PT. Sido Muncul sebagai produsen Tolak Angin segera mengambil tindakan tepat. Pihak perusahaan jamu terkenal di Indonesia itu tak akan memperpanjang kontrak Ernest Prakasa setelah habis dalam 2 bulan mendatang.

“Kami tidak memperpanjang kontraknya,” jelas Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dalam jumpa pers di Restoran Sambara, Jaksel, sebagaimana dilansir kumparan.com Selasa (7/3).

Memang dalam kontrak kerjanya,ada perjanjian untuk menjaga kesusilaan, norma-norma, tidak melanggar hukum dan menimbulkan keresahan. Pada poin inilah Ernest melanggar perjanjian dengan perusahaan.

Dua komedian rasanya sudah cukup menjadi contoh tingkah kebablasan publik figur dunia entertainment. Berkomentar pada yang bukan ranahnya tanpa mempertimbangkan akibat. Semoga tak ada lagi yang meniru ulah mereka.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *