Dr. Syairozi Dimyati, Dekan Berkarisma dan Inspiratif

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) merupakan salah satu Fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkonsentrasi dalam bidang studi keilmuan Islam berbasis bahasa arab.

Di fakultas ini, semua dosen dan mahasiswa dituntut untuk selalu mengunakan bahasa arab dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Tentu saja hal ini adalah ciri khas sekaligus keunikan tersendiri bagi Fakultas yang terletak di pintu masuk UIN ini.

Berbicara mengenai FDI kurang klop rasanya bilamana belum membicarakan mengenai dosen favorit mahasiswa FDI yang satu ini.

Beliau bernama Dr. Mohammad Syairozi Dimyathi Ilyas, M.A. yang akrab dengan sapaan Ustaz Syairozi.

Dosen sekaligus Dekan ini merupakan sosok tokoh yang sangat unik dan berkarisma sehingga banyak disukai oleh anak didiknya.

Lewat metode pengajaran yang profesional, beliau dapat menyihir mahasiswa sehingga mereka bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Baca juga:  Dr. Sahabuddin, Bukan Profesor Tapi Mengajar Para Doktor

Dengan kualitas keilmuan yang sangat luas dan mendalam, beliau sering memunculkan bahasa-bahasa ilmiah yang bisa memacu keingintahuan mahasiswa FDI.

Mahasiswa digiringnya secara tidak langsung untuk belajar lebih giat khususnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan kontemporer.

Lewat candaan teoretis bersifat kritis, beliau dapat menghadirkan kritik membangun yang bisa diterima oleh para mahasiswa sehingga mereka terus terpacu untuk giat dan tekun.

Beliau juga sering berpesan kepada para mahasiswa agar mereka selalu aktif dalam proses KBM di kelas bukan hanya sebatas pendengar yang baik.

Menurut beliau, proses pembelajaran terbaik abad ini adalah diskusi aktif, bukan pembelajaran satu arah. Peserta didik tidak hanya bisa mendengarkan guru menjelaskan dan mengiyakan tanpa mengkritisinya.

Dalam pembelajaran di FDI yang bermodulkan Muqarrar Kitab Al-Azhar, beliau menghadirkan nuansa baru bagi mahasiswa.

Baca juga:  Terorisme Menjamur, Ini 5 Komentar Syekh Yusuf Qardhawi

Beliau mengajak anak didiknya untuk mengunakan kitab karangan beliau sendiri sebagai sumber rujukan dasar pembelajaran.

Tentu saja hal ini memeberi semangat dan efek positif bagi mahasiswa FDI yang dapat belajar suatu kajian keilmuan langsung kepada pengarangnya.

Hal ini juga menunjukkan kualitas beliau sebagai lulusan Ma’had Ali Lid Dirasat Islamiyah Kairo juga Doktor lulusan Universitas Al-Azhar Kairo.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

M. Afzainizam

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
M. Afzainizam

2 thoughts on “Dr. Syairozi Dimyati, Dekan Berkarisma dan Inspiratif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close