Dilema di Malam Jumat, Baca Yasin atau Al-Kahfi

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Malam Jumat adalah malam yang istimewa bagi umat Islam. Bahkan malam Jumat acapkali disebut dengan Sayyidul Ayyam yang artinya “Rajanya Hari”.

Tau nggak kenapa? Karena, di malam Jumat ada banyak keberkahan, kemuliaan dan hikmah dari Allah Swt.

Makanya umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak bacaan selawat, membaca Surah Yasin dan Al Kahfi, salat sunah tasbih, de el el.   

Tapi, belakangan ini kegiatan membaca bagian tertentu Al-Quran di malam jumat seperti Yasin dan Al Kahfi dipertanyakan sebagian umat Islam. Mau tau nggak kenapa?

Karena menurut mereka, kegiatan tersebut bertentangan dengan ajaran Islam. Rasulullah SAW, para sahabat, dan tabiin tidak pernah melakukan hal semacam itu. Oleh karena itu, hal tersebut dinilai bertentangan dengan Islam.

Padahal nih ya, membaca Yasin atau Al Kahfi di malam Jumat itu memiliki keutamaan masing-masing loh! Nah klo disuruh milih di malam jumat mau baca Yasin atau Al Kahfi, kalian mau pilih mana?

Pasti di antara kita akan menjawab dengan jawaban yang beraneka ragam. Akan ada yang memilih untuk membaca surah Yasin begitupun sebaliknya. Iya kan?

Tenang guys! Jangan berteman, berantem aja! Eh, maksudnya jangan berantem, berteman aja. Hehe..

Baca juga:  Makna Dua Kalimat Syahadat yang Tak Banyak Diketahui

Biar kita nggak berselesih karena perbedaan pendapat, maka kita harus mengetahui keutamaan membaca dari setiap surahnya terlebih dahulu.

Keutamaan membaca Yasin di malam Jumat dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman yang berbunyi,

Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Orang yang membaca di malam Jumat surat Hamim Ad-Dukhan dan Yasin, diampuni dosanya ketika masuk waktu pagi.”

Dari periwayatan hadis di atas, dapat kita pahami bahwa membaca Yasin di malam jumat akan mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Bahkan menurut Ustaz Abdul Somad, keutamaan membaca Yasin di malam jumat sangatlah banyak.

Di antaranya adalah memudahkan segala kesulitan dengan izin Allah, mengingatkan kita pada kematian, dan meningkatkan keimanan akan kekuasaan Allah.

Sedangkan keutamaan membaca Al Kahfi di malam jumat diriwayatkan dalam sebuah hadis yang berbunyi, dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, dari Nabi SAW bersabda sebagai berikut:

“Barangsiapa membaca surah Al Kahfi di malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul Atiq.” (Sunan Ad-Darimi no. 3273).

Dari periwayatan hadis di atas, dapat kita pahami bahwa membaca Al Kahfi di malam Jumat kita akan dipancarkan cahaya yang mana jaraknya itu sejauh antara diri kita dengan Baitu Atiq.

Baca juga:  Jangan Buru-buru Menilai Jelek Salat Tarawih Kilat sebelum Tahu Alasannya

Tapi ada juga loh guys periwayatan hadis lain mengenai keutaman membaca Al Kahfi di hari Jumat yang maknanya begini:

“Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”

Perbedaan keutamaan yang didapat terletak pada waktu membaca surah tersebut. Jadi, ngga usah galau lagi ya! Karena sebetulnya mau pilih baca Yasin atau Al Kahfi di malam Jumat keduanya memiliki keutamaan tersendiri.

Sebab hal itu sah-sah saja, karena tidak ada dalil yang melarang. Bahkan menurut Ibnu Taimiyah, boleh membaca Yasin dan Al Kahfi secara bersamaan di malam Jumat.

So ya, klo menurut saya pribadi jika harus memilih satu diantara kedua surah tersebut, maka saya akan memilih membaca Yasin di malam Jumat dan membaca Al Kahfi di hari Jumatnya. Kalau pilihan kalian apa?

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close