Di Lampung Ada Air Terjun Kembar dan Bendungan Tembok China

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Mungkin selama ini Anda hanya mendengar berita pembegalan dan kriminal lainnya soal Lampung. Atau kabar yang baru-baru ini juga viral soal aksi protes kreatif yang dilakukan sejumlah pemuda terkait jalan yang berlubang-lubang. Mereka membuat poster dan berfoto aneka gaya dan mengunggah wisata jeglongan sewu ke media sosial.

Memang, provinsi yang menjadi gerbang Anda yang di Jawa untuk masuk ke Pulau Sumatera ini infrastrukturnya masih jauh dari nyaman. Jalur Lintas Timur saja masih terpotong-potong pengerjaannya. Rusaknya jalan raya masih ditambah faktor keamanan yang masih meragukan.

Namun Lampung tak melulu soal begal dan jalan rusak. Bagi Anda penggemar travelling dan petualangan, di Lampung ada banyak lokasi wisata yang menarik dan layak dikunjungi. Lampung juga tidak melulu Gajah dan Way Kambas. Sebab ada wisata alam lain yang tak kalah menarik daripada sekedar menonton gajah menari atau naik punggung gajah.

Baca juga:  Ini Lho 5 Destinasi Wisata Manis di Paris

Soal keamanan tak perlu terlalu risau karena 5 lokasi wisata air berikut ini berada di daerah yang relatif aman. Selain itu, berwisata dengan rombongan akan lebih nyaman. Di mana saja dan bagaimana serunya 5 lokasi wisata air di Lampung? Simak ulasannya berikut ini:

1. Bendungan Batutegi

Bendungan Batutegi merupakan ikon kebanggaan warga di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini diresmikan pada 8 Maret 2004 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Lokasinya di Pekon/Desa Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Luas bendungan mencapai 3.560 hektare.

Bendungan ini multifungsi. Selain sebagai irigasi juga menjadi penggerak bagi PLTA. Bahkan di bagian tengah danaunya terdapat pulau kecil yang difungsikan sebagai sarana konservasi satwa. Bendungan ini memiliki volume normal 687,767 juta m3 serta luas genangan air seluas 16 km2.

Baca juga:  Jangan Takut ke Turki! Ini 5 Destinasi Keren yang Wajib Dikunjungi

 

Karena besar dan tingginya bangunan bendungan ini mengingatkan kita pada Tembok Besar China. Sedangkan besarnya danau dan adanya pulau di tengahnya, maka bendungan ini juga dijuluki danau toba ala Tanggamus.

Komentar

Nasrudin

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *