Jangan Takut ke Turki! Ini 5 Destinasi Keren yang Wajib Dikunjungi

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 216

Waktu Baca4 Menit, 22 Detik

DatDut.Com – Belum lama ini Turki diguncang bom. Dua kota terpentingnya, Ankara dan Istanbul jadi sasaran kelompok tak bertanggung jawab. Meski begitu, jangan takut ke Turki. Semakin kamu takut, teroris semakin senang.

Khusus terkait Istanbul, ia memang bukan ibukota Turki, tetapi bila menyebut Turki, yang paling mudah disebut orang adalah Istanbul. Maka tak heran bila banyak orang justru lebih mengenal Istanbul daripada Ankara kalau berbicara tentang Turki.

Padahal, ibukota Turki sendiri adalah Ankara. Mengapa? Karena Istanbul terletak di antara dua benua: Asia dan Eropa. Kota yang dijuluki sebagai “Pintu ke Barat” ini menjadi kota terpadat dan teramai di Turki.

Meskipun bukan pusat pemerintahan, tetapi nyaris semua nadi Turki ada di Istanbul. Nah, jika kamu sedang di Istanbul atau berencana pergi ke Turki, jangan lewatkan 5 destinasi keren yang wajib kamu kunjungi saat di Istanbul:

[nextpage title=”1. Museum Hagia Sophia (Ayasofya Muzesi)”]

1. Museum Hagia Sophia (Ayasofya Muzesi)

Museum ini merupakan peninggalan dari Emperium Byzantium. Pada era Byzantium, bangunan museum ini menjadi pusat kegiatan keagamaan dan menjadi gereja terpenting pada masa itu.

Lalu, setelah penaklukan Istanbul oleh Sultan Fatih, gedung ini beralih fungsi menjadi masjid. Kurang lebih selama 500 tahun gedung ini menjadi masjid. Lalu, pada tahun 1935 Kemal Attaturk mengubahnya menjadi museum. Saat ini Hagia Sophia masuk dalam daftar museum paling terkenal di dunia.

Di museum ini kamu masih bisa melihat sisa-sisa bangunan ini saat menjadi gereja atau saat menjadi masjid. Ada gambar Bunda Maria juga para rasul di kepercayaan Kristen, di samping itu kamu juga masih bisa melihat benda-benda khas masjid, seperti kaligrafi Arab bertuliskan “Allah”, “Muhammad”, dan empat khulafaurrasyidin. Mihrab dan mimbar pun masih.

[nextpage title=”2. Blue Mosque”]

2. Blue Mosque

Blue Mosque atau Masjid Biru merupakan salah satu masjid terindah dan termegah di Istanbul. Lokasinya berseberangan dengan Haghia Sophia. Masjid ini dibangun pada masa Sultan Ahmet I, karenanya masjid ini juga disebut dengan Masjid Sultan Ahmet.

Baca juga:  Eksotika Syiqqain, Kawasan Gunung Bebatuan di Yaman

Arsitektur masjid yang keren ini digarap oleh Mehmet Aga, salah satu murid Mimarsinan, arsitek kenamaan pada masanya. Disebut masjid biru karena lantainya berwarna biru.

Konon setelah Hagia Sophia dijadikan sebagai museum, masjid ini yang difungsikan secara penuh sebagai pusat kegiatan keagamaan menggantikan peran Hagia Sophia sebelumnya. Di masjid ini acara-acara penting hari-hari besar Islam diselenggarakan.

Pemberangkatan jamaah haji dari Turki pun dilepas dari masjid ini. Salah satu yang unik dari masjid ini adalah karena dia memiliki 6 menara. Dan, itu hanya satu-satunya di dunia.

[nextpage title=”3. Topkapi Sarayi”]

3. Topkapi Sarayi

Topkapi Sarayi atau Istana Topkapi dibangun pada tahun 1459. Istana ini dibangun oleh Sultan Fatih atau Sultan Mehmet II. Mulanya istana ini merupakan perluasaan dari benteng laut Emperium Byzantium yang terbentang dari Golden Horn hingga Laut Marmara. Luas istana ini mencapai 700.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat lapangan, paviliun, masjid, dan air mancur.

Ada 2 bagian yang selalu menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke tempat ini: harem dan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah dalam tradisi beberapa agama.

Harem menarik karena banyak yang ingin tahu seperti apa yang menjadi tempat keseharian istri dan selir sultan, sementara tempat penyimpanan benda-benda bersejarah menjadi menarik karena menyimpan banyak benda bersejarah.

Beberapa di antaranya mushaf Alquran tertua, pedang Nabi Muhammad, pakaian Fatimah (putri Nabi Muhammad), tongkat Nabi Musa, pedang Ali bin Abi Thalib, serban Nabi Yusuf, tangan emas Nabi Yahya yang dipakai saat perang, dan lain sebagainya.

[nextpage title=”4. Selat Bosphorus”]

4. Selat Bosphorus

Selat Bosphorus adalah selat yang memisahkan antara Benua Asia dan Benua Eropa. Selat ini menghubungkan Laut Hitam dan Laut Marmara. Selat ini dapat dikatakan sebagai selat tersibuk di Turki.

Meskipun sudah ada jembatan penghubung antar dua benua, namun selat ini masih menjadi favorit tidak hanya bagi wisatawan tetapi warga Istanbul yang hendak ke kawasan Asia atau Eropa. Di sore hari kamu bisa menyaksikan banyak sekali pemancing yang berjajar rapi di pinggiran selat.

Baca juga:  Ini 5 Pesona Wisata Green Canyon di Pangandaran

Di selat ini juga lalu lalang berbagai kapal besar dan kecil. Meskipun yang paling banyak adalah kapal Roro, sebagai alat transportasi pengangkut. Di kapal ini kita bisa melihat keindahan Istanbul yang dihiasi masjid-masjid dengan arsitektur berkelas, juga burung-burung camar yang menari-nari mengikuti laju kapal, berharap makanan dari penumpang kapal. Di selat ini, kamu akan pergi dari Asia ke Eropa hanya dengan kurang dari 30 menit. Asik, bukan?!

[nextpage title=”5. Pasar Eminonu”]

5. Pasar Eminonu

Pasar ini menjadi tempat tujuan para wisatawan yang hendak belanja oleh-oleh khas Turki. Berbagai oleh-oleh khas Turki dijual di sini, mulai gantungan kunci, tempelan kulkas, piring hias, karpet, permen, syal dari sutra, juga kaos bertuliskan tempat-tempat destinasi wisata di Turki. Harganya pun relatif murah.

Pada umumnya di sini pedagangnya sulit ditawar, karena memang harganya relatif sudah murah, tapi kalau kamu pandai mengambil hati pedagang, kamu bisa juga dapat harga lebih murah. Biasanya pedagang-pedagang yang ada di bagian belakang, yang agak murah hati dan bisa ditawar.

Sebetulnya tidak hanya Eminonu yang menjadi destinasi untuk belanja oleh-oleh, karena kamu bisa juga ke Pasar Grand Bazar. Sayangnya, di pasar yang terakhir ini harganya agak lebih mahal. Tapi, keuntungan di pasar ini kamu bisa selfie-selfie di lokasi pengambilan gambar film James Bond, karena tempat ini pernah jadi setting salah satu film Bond.

Sebetulnya, masih banyak tempat lainnya yang menarik di Istanbul. Nanti, kalau ada kesempatan, disambung lagi, ya. Semoga bermanfaat.

 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *