5 Cara agar Tidak Menjadi Budak Mbah Google

  • 52
  •  
  •  
  •  
    52
    Shares

Datdut.Com – Dewasa ini, internet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap orang. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, internet bagaikan sebuah pisau. Terserah yang menggunakan. Mau digunakan untuk menyembelih hewan qurban atau untuk membunuh orang juga terserah. Ih, serem deh. Ampun.

Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi tip agar aman dari “godaan” berinternet.

1. Batasi waktu dalam berinternet

Ini sangat penting. Dengan membatasi diri dalam berselancar di dunia maya, akan menjadikan kita lebih bisa memanfaatkan waktu. Ketika akan mulai berinternet, kita harus berkomintmen dalam hati, “Saya akan bermain internet mulai dari jam 20.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.” Jika sudah demikian, Insyaallah kita akan benar-benar bisa menghargai waktu.

2. Tentukan tujuan

Dalam berinternet, hal ini juga tak kalah penting: menentukan tujuan. Misalnya kita akan mencari artikel tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ya, itu saja yang hanya kita cari. Jangan yang lain. Lha, kalau tujuan ingin bersenang-senang (iseng) gimana? Gunakan tip nomer satu!.

Baca juga:  Tip Jitu! Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasanganmu Marah

3. Jangan dibarengi dengan kegiatan lain

Kalau dalam kegiatan berinternet, kita barengi dengan kegiatan lain (misalnya chating) ini sama saja mengulur-ulur waktu. Bayangkan, ketika kita menentukan waktu satu jam untuk mencari satu tema di Internet, dan di saat yang bersamaan kita chating dengan teman, bisa jadi kita akan kurang konsen dalam mencari tujuan utama tadi. Ini artinya akan membuat kita semaikin lama bersentuhan dengan Mbah Google.

4. Berhentilah ketika tujuan telah tercapai

Jika apa yang kita cari di Internet telah tercapai, saya sarankan berhentilah!. Mengapa? Karena bisa jadi, setan akan membisiki telinga kita untuk membuka situs-situs yang kurang perlu.

5. Ingat, dunia nyata lebih indah

Memang sih, ketika kita aktif di dunia maya, bisa jadi, kita juga akan bisa “aktif” di dunia nyata. Juga, banyak juga orang yang lantaran dunia maya, dia bisa terkenal di dunia nyata. Tapi satu hal yang ingin saya katakan pada Anda sekalian, “Anda hidup di dunia nyata. Bukan dunia maya. Anggap saja, dunia maya hanya hiburan.”

Baca juga:  Belajar pada Mbah Google atau Langsung dengan Guru?

Semoga, lima tip ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang senantiasa bersinggungan dengan Mbah Google. Internet halal sih, tapi juga ada batasnya.

 

OKEPenulis: M. Nurul Huda

Penikmat Dadar Jagung

 

Komentar

M. Nurul Huda

Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta dan alumni Pesantren Pasca Tahfihz Bayt al-Qur'an Pusat Studi al-Qur'an Jakarta. Penikmat dadar jagung.
M. Nurul Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *