Bila Jodoh Terhalang Restu Orangtua

  • 25
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares

DatDut.COm – Restu dalam sebuah pernikahan itu sangatlah penting. Ada saja memang sepasang  kekasih yang menikah tanpa mengantongi restu orangtua. Namun itu kurang baik. Karena bagaimanapun restu orang tua adalah yang utama.

Menikah itu ibadah seumur hidup. Jadi tak boleh main-main. Tapi, kalau orangtua memberi restu setengh hati takutnya akan berpengaruh kepada kehidupan setelah pernikahan. Karena rida Allah terletak pada rida orangtua. Alangkah baiknya jika hendak menikah dipastikan dulu bahwa orangtua benar-benar rida dan ikhlas merestuinya.

Pernikahan terhalang restu biasanya disebabkan beberapa faktor. Bisa dari beda agama, beda suku, jarak usia yang terlalu jauh, beda pulau atau bahkan beda negara tempat tinggal, beda jenjang pendidikan, dan masih banyak lagi tentunya.

Tapi jika benar-benar sayang sama doi, harus siap berjuang agar hubungan keduanya direstui oleh kedua orangtua calon mempelai. Tapi tak boleh juga memaksakan. Karena bagaimanapun restu orangtua adalah lebih penting dari segalanya. Nah, kalau memang ingin memperjuangkan restu itu, coba deh dengan tips-tips berikut ini*

  1. Mintalah restu dengan segala kerendahan hati kepada kedua orangtua.
  2. Tunjukkan kelebihan pasangan.
  3. Yakinkah bahwa pasangan yang dipilih adalah calon menantu yang baik
  4. Yakinkan juga kepada orang tua ahwa perbedaan yang menjadi penghalang tidak menjadi masalah. Malah bisa melengkapi satu sama lain dan kamu akan baik-baik saja jika bersamanya.
  5. Berdoalah kepada Allah dengan setulus hati agar kedua orangtuamu memberi restu tanpa paksaan.
  6. Minta juga kepada pasangan agar dia juga banyak-banyak berdoa. Oh iya, ini juga tak kalah pentingnya. Minta kepada pasanganmu itu agar dia memohon kepada orangtuanya untuk mendoakan hubungan kalian dan orang tua pasangamu luluh hatinya dan ikhlas serta rela jika dia bersamamu.
Baca juga:  Ini 5 Alasan Lebih Memilih Belanja Online

Nah, itulah tip-tipnya menurut bebeapa orang yang pernah mengalami hubungannya tidak direstui oleh orangtua.

Ada dua tipe orang dalam menghadapi restu orang tua. Pertama, terus meyakinkan orangtua dan berusaha sampai kedua orang tuanya merestui. Kedua, balik badan and say “good bye” dengan pasangan lalu cari pasangan yang diinginkan orang tuanya.

Kamu tipe yang mana nih? Atau tipe hubungan mulus tanpa hambatan restu orangtua. Kalau gitu, selamat deh. Kamu beruntung!

Komentar

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *