Bersepeda ke Masjid Ternyata Banyak Manfaatnya

  • 10
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
DatDut.Com – Mulanya cuma saya yang membawa sepeda ke masjid. Jamaah lainnya pada umumnya membawa motor, meski ada juga yang jalan kaki dan sesekali ada juga yang membawa mobil.
Lama-lama ada satu-dua jamaah yang tergerak hati untuk membawa sepeda ke masjid. Dan, sekarang alhamdulillah cukup banyak jamaah yang membawa sepeda ke masjid setiap kali jamaah salat rawatib.
 
Di kota-kota besar (yang sudah menular ke kampung-kampung), bersepeda adalah barang langka dan kadang terasa amat mewah. Hanya di hari-hari tertentu dan pada momen-momen tertentu, kita yang tinggal di kota, baru bisa bersepeda dengan leluasa.
 
Hari biasa? Jangan ditanya. Sulit sekali rasanya. Apalagi budaya kita yang sudah termotorkan (baca: kemana-mana bawa motor), membuat kita pada umumnya malas bergerak, berkeringat, dan sedikit bersusah-susah. Sepertinya inilah cerminan budaya kita.
 
Padahal, bergerak, berkeringat, dan sedikit bersusah-susah, banyak sekali manfaat yang kita bisa dapat. Nah, kalau memang sulit mencari waktu yang pas untuk rutin bergerak dan berkeringat, maka luangkan waktu setidaknya tiap salat jamaah sekitar 5-10 menit (pulang pergi) ke dan dari masjid.
 
Kalau tidak bisa seluruh waktu salat jamaah dengan membawa sepeda, setidaknya magrib, isya, dan subuh, kita rutinkan mengayuh sepeda barang 5-10 menit itu. Dengan begitu, kita bisa bersepeda setiap harinya selama sekitar 30 menitan.
 
Nah, perlu diingat, waktu 30 menit ini, menurut para ahli kesehatan, adalah jumlah minimal kita disarankan bergerak fisik dalam sehari.
 
Toh tidak ada larangan menyisipkan misi kesehatan dalam kita beribadah. Ini murni untuk olahraga, yang kini semakin menjadi barang mahal di negeri ini.
 
Satu lagi, sesuai ajaran Nabi, saat bersepeda ke masjid, usahakan rute berangkat dan pulangnya tidak sama. Saat berangkat, ambil jalur A, dan pulangnya jalur B. Jadi ada fungsi refreshing dan relaksasi juga. Mungkin juga dalam hal ini Nabi mengajarkan fungsi rekreasi.
 
Nah, khusus salat subuh, yang sering sekali dilupakan, fungsi menghirup udara subuh sangat baik sekali untuk kesehatan. Pereda stres dan tekanan hidup, yang luar biasa. Inilah obat stres dan bahkan obat antistroke, yang paling murah.
 
Tunggu apa lagi, mari ke masjid dengan bersepeda, karena #BersepedaKeMasjid juga tak bertentangan dengan ajaran Nabi, karenanya #BikeToMasjid itu sunah lantaran mendukung perintah Nabi agar Muslim menjaga kesehatan. #YukBersepedaKeMasjid.
Moch. Syarif Hidayatullah

Moch. Syarif Hidayatullah

Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media. Pengajar di Program Magister Fakultas Adab dan Humaniora. Ketua Program Studi Tarjamah FAH UIN Syarif Hidayatullah. Doktor Filologi Islam dan Analisis Wacana.
Moch. Syarif Hidayatullah
Baca juga:  Propaganda Anti-Arab Paling Lucu! Ikuti Tuntunan Syariah Kok Dianggap Kearab-araban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *