Belajarlah Makna Cinta Sejati dari 5 Sabda Nabi Ini

  • 1
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Datdut.Com – Tidak ada sesuatu di muka bumi ini yang keberadaannya tanpa dilatari cinta, termasuk agama. Nabi Muhammad Saw. memasyarakatkan Islam juga dengan cinta. Bahkan dalam usaha menebar cinta itu pula, Nabi menahbiskan diri sebagai nabiyyur-rahmah ‘Nabi kasih sayang’.

Bacalah sabda-sabda beliau yang kaya sekali muatan cinta, kasih sayang, persahabatan, dan kelembutan. Dan itu semua tidak hanya disabdakan tapi dipraktikkan.

Lihatlah bagaimana indahnya beliau membungkus semua itu dalam dakwahnya membimbing umat. Mungkin tanpa itu semua, usaha Nabi tidak akan berhasil menjadikan Islam bisa dianut oleh sekian banyak manusia yang menghuni bumi sampai sekarang ini. Berikut 5 sabda Nabi yang kaya pesan cinta:

1. Tebar salam, tuai cinta

“Demi Zat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman. Kalian tidak akan bisa beriman sebelum kalian saling mencintai. Tidakkah aku tunjukkan kepada kalian mengenai sesuatu yang ketika kalian melakukannya, maka kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian!” (HR Muslim).

Baca juga:  Nasihat Terbuka untuk Kiai Ahmad Ishomuddin

2. Selalu dikumpulkan bersama orang yang dicintai

“Seseorang selalu dikumpulkan bersama orang yang dicintai. Kamu juga akan dikumpulkan bersama orang yang kamu cintai. Setelah adanya Islam, aku tidak pernah melihat kebahagiaan terpancar pada diri orang-orang Islam melebihi saat mendengar ini.” (HR Al-Tirmidzi).

3. Mencintai itu kewajiban seorang muslim

“Ada enam kewajiban bagi seorang muslim atas muslim yang lainnya: (1) mengucapkan salam saat bertemu muslim lainnya; (2) menyahut saat dipanggil; (3) mendoakan mendapat rahmat saat saudara seagamanya itu bersin; (4) menjenguk saat saudara seagamanya itu sakit; (5) mengantar jenazahnya saat saudara seagamanya itu meninggal; dan (6) mencintai apa yang dicintai saudaranya itu seperti ia mencintai sesuatu yang dicintainya untuk dirinya sendiri.” (HR Al-Tirmidzi).

4. Cintailah orang lain seperti mencintai diri sendiri

“Abu Hurairah! Jadilah sebagai orang yang wirai, maka kamu akan menjadi orang yang paling rajin beribadah. Jadilah sebagai orang yang menerima apa adanya (qanaah), maka kamu akan menjadi orang yang paling bersyukur. Cintailah apa yang ada pada orang lain seperti kamu mencintai apa yang ada pada dirimu, maka kamu akan menjadi orang yang beriman. Berbuat baiklah pada orang yang bertetangga denganmu, maka kamu akan menjadi muslim sejati. Minimalkan tawamu, karena banyak tertawa menyebabkan matinya hati.” (HR Ibnu Majah).

Baca juga:  Mencatut Nama Imam Syafi`i untuk Kepentingan Politik

5. Kamar surga bagi orang yang saling mencintai

“Orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau bintang barat yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, ‘Siapa mereka itu?’ Lalu dijawab, ‘Mereka itu adalah orang-orang yang mencintai karena Allah Azza wa Jalla.’” (HR Ahmad).

 

 

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *