Jempol Kaki Anda Menebar Bau?? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

  • 20
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

DatDut.Com – Jempol kaki memang tidak seberapa mendapat perhatian orang. Selain sering tersembunyi dalam kaos kaki dan sepatu, posisinya juga di bawah. Tapi biasanya begitu kita buka kaos kaki, barulah baunya kaos kaki yang sedap-sedap kecut itu juga tercium dari jari kaki. Utamanya jempol.

Tidak dipungkiri, jempol kaki memang sering dikeluhkan banyak orang. Khusus jempol, kasus tumbuhnya kuku yang tidak wajar bisa memicu infeksi dan bau tak sedap pun muncul. Bagi yang sehat, jempol juga kadang tetap menimbulkan bau khas.

Kalau Anda termasuk orang yang tidak merasa terganggu dengan bau kaki sendiri, juga tak khawatir orang lain terganggu, ya tak masalah. Biarkan saja bau itu sebagai penyedap. Hehe. Tapi kalau Anda terganggu dan ingin mengatasinya, berikut ini 5 cara menghilangkan bau jempol kaki:

[nextpage title=”1. Sabun Antibakteri”]

1. Sabun Antibakteri

Kuku kaki banyak bersentuhan dengan tanah dan menjadi tempat singgah berbagai bakteri. Cucilah jari kaki dengan sabun antibakteri. Khusus bagian jempol, mungkin perlu juga menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran-kotoran di bawah kuku. Kotoran itulah sebenarnya sumber bau kecut dari kaki. Membersihkan jari kaki dan menyikatnya dengan sabun akan membantu mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur di sela-sela jari.

[nextpage title=”2. Potong Kuku Kaki Secara Teratur”]

2. Potong Kuku Kaki Secara Teratur

Memotong kuku secara teratur sangat membantu kebersihan jari kaki. Kuku kaki, utamanya jempol, biasanya lebih keras daripada kuku jari tangan. Hal itu bisa disiasati dengan merendamnya dalam air hangat terlebih dahulu sebelum potong kuku.

Baca juga:  Ini 5 Hal yang Mungkin Sebabkan Laptop Anda Lemot! Atasi Sendiri dengan Langkah-langkah Berikut

Perhatikan juga untuk tidak menyisakan bekas potongan yang berpotensi melukai daging jari. Ini akan menimbulkan infeksi jari yang biasa disebut cantengen. Cantengen biasa timbul pada jempol kaki. Sakit lho rasanya.

[nextpage title=”3. Gunakan Krim Antijamur”]

3. Gunakan Krim Antijamur

Krim antijamur juga bisa digunakan untuk mengatasi bau tak sedap dari jari kaki. Oleskan krim tersebut pada sela-sela jari dan sisi kuku yang baru dipotong. Krim antijamur bisa membantu mengurangi bakteri yang tumbuh di sela jari dan di bawah kuku.

Ini bisa meminimalisasi keluarnya bau tak sedap. Krim antijamur banyak macamnya dan tersedia di toko maupun apotek. Bisa Anda pilih salah satu dan perhatikan aturan pakainya. Kalau kasus bau bersumber dari infeksi jempol kaki yang disebut cantengen, maka Anda bisa gunakan tip selanjutnya.

[nextpage title=”4. Menghilangkan Kuku Bermasalah”]

4. Menghilangkan Kuku Bermasalah

Ini bisa punya dua tafsiran. Pertama, menghilangkan dengan cara memotong sendiri kuku bermasalah. Cantengen, atau istilah lainnya kowenen (pengucapan “ko” seperti dalam kata “kolak”) adalah ketika tumbuhnya kuku, biasanya kuku jempol kaki, tidak normal dan menusuk daging. Biasanya membengkak dan mengeluarkan cairan berbau. Kadang juga nanah. Apalagi ketika sedang jalan terus tersandung. Aduuh… rasanya.

“Operasi” manual bisa dilakukan dengan dengan cara memotong bagian kuku yang menusuk daging. Biasanya agak susah dan sakit serta memakan waktu agak lama untuk melakukan eksekusi kuku ini. Cungkil dan potong ujung kuku yang menusuk, usahakan jangan menyisakan sisi tajam lagi. Selanjutnya, bersihkan dan olesi bekas lukanya dengan antiseptik agar tak infeksi lagi.

Baca juga:  Agar Tak Terlalu Sedih, Miliki 5 Sikap Ini Saat Kehilangan Sesuatu yang Dicintai

Pada kasus cantengen parah, tindakan medis perlu dilakukan. Pergilah ke dokter dan kuku jempol kaki yang infeksi akan dicabut oleh dokter. Hem…

[nextpage title=”5. Tetesi dengan Minyak Tanah”]

5. Tetesi dengan Minyak Tanah

Tips ini merupakan pengalaman pribadi saya. Karena untuk melakukan cungkil-potong kuku tidak bisa sembuh permanen dan harus telaten mengulang ritual itu, saya coba beralih ke tip ini. Mau operasi cabut kuku ke dokter, mahal dan ngeri. Akhirnya saya bersabar dan telaten meneteskan minyak tanah ke sudut kuku jempol kaki yang infeksi.

Setiap kali jempol kaki keluar darah sebab kesandung atau apapun, segera tetesi dengan minyak tanah. Lama kelamaan kok sembuh jempol saya. Syukurlah, akhirnya saya agak PD kalau melihat jempol saya normal kembali. Tidak seperti permen lollipop lagi. Ini tip pengalaman pribadi. Untuk saya berhasil, untuk Anda, saya tidak bisa jamin 100%. Yang penting coba saja.

80 %
Happy
%
Sad
20 %
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin
  •  
    20
    Shares
  • 20
  •  
  •  
Close