Tak Menikmati Hidup? Temukan Bahagiamu dari Dalam Diri dan Sekililingmu

  • 7
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares

DatDut.Com – Kebahagiaan adalah keadaan di mana hati kita merasa senang, nyaman, tentram, dan aman dari ancaman. Ada banyak hal yang membuat seseorang bahagia tergantung pandangan mereka tentang kebahagiaan yang mereka maksudkan masing-masing. Namun, kebahagian yang sebenar-benar bahagia itu adalah kebahagiaan yang kita rasakan baik di dunia maupun di akhirat. Ini sudah jelas diinginkan oleh semua orang.

Banyak cara dan upaya dilakukan orang untuk mendapat bahagia. Padahal kita bisa dapatkan kebahagiaan di dalam diri dan sekililing kita. Berikut ini 5 langkah ntuk mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat yang tak perlu membayar dan mengeluarkan biaya mahal:

[nextpage title=”1. Hati yang Selalu Bersyukur”]

1. Hati yang Selalu Bersyukur

Hati yang bersyukur adalahhati yang meyakini bahwa segala-galanya datang dari Allah. Inilah salah satu langkah menuju kebahahagian dunia dan akhirat yang sering kita lupakan. Kita lebih sering memikirkan terhadap nikmat yang belum kita dapatkan dan belum kita miliki sehingga lupa untuk memikirkan betapa banyaknya nikmat yang belum kita syukuri.

Kita harus memikirkannya lagi, apakah kita telah bersyukur detik ini? Apakah kita hanya akan bersyukur kalau telah diberi nikmat dan kebahagian? Padahal kebahagian itu kita peroleh ketika kita telah bersyukur.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hati yang selalu bersyukur, jangan menunggu bahagia kemudian bersyukur tapi bersyukurlah maka kita akan bahagia. Kita harus meyakinkan bahwa semuanya datang dari Allah, maka hati kita akan senantiasa bersyukur kepada Allah.

Baca juga:  Motivator Kelas Dunia Ibrahim Elfiky Ajarkan 5 Kunci Bangkit dari Kegagalan

[nextpage title=”2. Pasangan yang Saleh atau Salehah”]

2. Pasangan yang Saleh atau Salehah

Ingatkah kita akan kisah rumah tangga Umar dan kisah rumah tangga Rasulullah? Ingatkah kita bagaimana sikap umar yang hanya diam ketika istrinya marah dan mendengarkan dengan seksama semua keluhan istrinya?

Padahal Umar adalah orang yang paling ditakuti bahkan setan pun takut kepada Umar. Karena umar tahu bahwa membalas dengan marah tidak akan menyelesaikan masalah. Seperti halnya kutub negatif dengan kutub negatif jika bertemu akan saling tolak menolak. Sungguh kisah rumah tangga yang romantis dan penuh kasih sayang. Inilah kebahagian yang kita dapatkan ketika kita memiliki pasangan yang saleh atau salehah.

[nextpage title=”3. Anak yang Saleh dan Salehah”]

3. Anak yang Saleh dan Salehah

Siapa yang tidak bahagia memiliki anak yang saleh dan salehah? Namun kita terkadang tidak mengabaikan mereka. Kalau kita ditanya, apakah kita mau menitipkan uang yang banyak kepada pembantu kita? Jawabannya pasti tidak. Tapi kenapa kita mudah saja menitipkan anak kita kepada pembantu kita? Anak adalah titipan Allah yang semestinya kita jaga dan kita sayangi.

[nextpage title=”4. Lingkungan yang Baik”]

4. Lingkungan yang Baik

Lingkungan yang baik akan menunjang kebahagian kita. Sebuah pengaruh yang membawa dampak besar adalah lingkungan, baik itu lingkungan pergaulan dan tetangga. Lingkungan yang baik bisa berupa lingkungan yang dekat dengan masjid supaya setiap waktu kita diingatkan dengan sang pencipta.

Baca juga:  Ini 5 Tip Fashion untuk Orang Gemuk

Lingkungan yang baik itu kita sendirilah yang menciptakannya. Dengan lingkungan yang baik akan mengurangi pemasalahan-permasalahan dan beban-beban hidup. Dan alangkah baiknya jika kita bisa hadir dilingkungan yang buruk dan mengubahnya menjadi lingkungan yang baik.

[nextpage title=”5. Harta Halal”]

5. Harta Halal

Harta yang halal sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan kita. Karena biasanya harta yang tidak halal akan membuat kita menjadi gelisah. Carilah harta dengan cara yang halal dan pergunankan dengan cara yang halal pula, insyaallah berkah. Walaupun harta hanya bersifat duniawi dan memang tidak bisa dibawa ke akhirat tapi harta bisa membawa  kita kepada kebahagian akhirat dengan disedekahkan dan dimanfaatkan dijalan Allah Swt.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Insan Kamil

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, berasal dari Padang Pariaman Sumatera Barat.
Insan Kamil
  •  
    7
    Shares
  • 7
  •  
  •  
Close