Ada yang Sok Artis atau Berlagak Mufti, Ini 5 Tipe Kita di Media Sosial

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com  Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi internet dewasa ini memaksa semua sendi kehidupan menyesuaikan diri dengannya. Bahkan, pada titik tertentu keberadaan seseorang atau kelompok tidak lagi hanya ditentukan oleh kiprahnya di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya.

catatanPada beberapa kasus dunia maya malah justru menjadi penentu dan pemicu kesuksesan seseorang atau kelompok di dunia nyata.

Fenomena munculnya orang-orang yang tiba-tiba ngetop setelah mengunggah videonya ke youtube, juga jumlah follower di twitter atau jumlah status yang  di-share, yang saat ini menjadi parameter baru popularitas seseorang, menjadi contoh kecil betapa dunia maya telah mengendalikan sebagian besar aspek kehidupan di masa kini.

Media sosial sebagai salah satu unsur penting dalam dunia maya, telah mempermudah kita mengidentifikasi diri, juga mengidentifikasi orang lain. Ini karena apa yang kita tampilkan di dunia maya sering kali menjadi gambaran mudah siapa diri kita. Berikut 5 tipe kita di media sosial:

[nextpage title=”1. Tipe Sok Seleb dan Narsis”]

1. Tipe Sok Seleb dan Narsis

Cirinya bagian berandanya dipenuhi prestasi dan capaian diri, juga pamer harta benda yang dimiliki. Kalau buka berandanya serasa sedang nonton infotainment. Di samping itu, biasanya berandanya hanya memuat foto.

Objek utama fotonya adalah dirinya sendiri dengan segala tingkah polanya, mulai yang serius hingga yang norak. Foto-fotonya dalam berbagai pose dengan busana terbaru, kendaraan terbaru, dan lokasi terbaru, dengan gaya layaknya model yang betul-betul sadar kamera dan sadar angle.

Berandanya sering menampilkan posisinya sedang berada di bandara, di tempat wisata mana, dan biasanya cenderung luar negeri yang jadi pamerannya. Tipe ini umumnya jarang tulis status. Kalau pun nulis status biasanya untuk ngomentari foto-foto yang dipostingnya.

[nextpage title=”2. Tipe Pengamat”]

2. Tipe Sok Pengamat

Cirinya bisa dilihat dari mayoritas statusnya yang berisi tentang hasil pengamatannya terhadap segala hal, mulai dari soal ketatanegaraan, kondisi politik terkini, hingga soal status temannya.

Ini biasanya orangnya pendidikannya tinggi, meskipun kadang ngaco juga. Yang penting dia jadi pengamat. Memang ada sebagian yang memang betul-betul sebagai pengamat di dunia nyata. Ia sering menulis artikel di media massa dan juga diundang di TV sebagai pengamat, tapi banyak juga yang asal bunyi saja.

Baca juga:  Jangan Malu Meneteskan Air Mata! Ini 5 Anjuran Menagis dari Nabi

[nextpage title=”3. Tipe Mufti”]

3. Tipe Sok Mufti 

Cirinya status-statusnya sering memberi fatwa terhadap berbagai macam persoalan, mulai dari yang remeh-temeh hingga yang berat-berat. Tipe ini biasanya menganggap apa yang dilakukan orang lain salah. Dia saja yang benar.

Statusnya berisi kutipan ayat suci dan hadis Nabi, juga share-an dari situs-situs yang berisi fatwa ulama, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Status-statusnya juga dihiasi informasi terkini tentang pengetahuan agama. Bahkan, gambar-gambar yang dipostingnya selalu berhubungan dengan ilmu agama.

[nextpage title=”4. Tipe Pengutuk dan Pengeluh”]

4. Tipe Pengutuk dan Pengeluh

Tipe ini biasanya  statusnya berisi umpatan, mulai dari yang halus hingga yang kasar. Statusnya selalu mendramatisasi keadaan, seolah-olah dialah orang yang paling menderita di muka bumi atau jadi orang yang paling baik sejagad raya.

Gampang nyalahin orang, tapi di lain waktu dia mengeluhkan kondisi dirinya. Kelemahannya dipertontonkan pada semua orang dengan menyalah-nyalahkan semua orang.

[nextpage title=”5. Tipe Pedagang”]

5. Tipe Pedagang

Ciri yang paling mudah adalah berandanya isinya barang dagangan semua, mulai kosmetik, HP, tablet, motor, kamera, dan lain sebagainya. Orang dengan tipe ini juga jarang atau bahkan tak pernah tulis status.

Yang ada semua yang berhubungan dengan barang dagangan. Kalau pun mengomentari, ujung-ujungnya pasti berhubungan dengan barang dagangan.

Tipe-tipe ini hanya untuk pemetaan yang saya temui saja, bukan dalam rangka menyalahkan lho. Jadi, tak perlu marah kalau ada yang merasa. Nah, Anda termasuk yang mana?

Tipe Kita di FB

1. Tipe pengamat
Cirinya: mayoritas statusnya berisi tentang hasil pengamatannya terhadap segala hal, mulai dari soal ketatanegaraan, kondisi politik terkini, hingga soal status temannya.

2. Tipe mufti
Cirinya: status-statusnya berpretensi memberi fatwa terhadap berbagai macam persoalan, mulai dari yang remeh temeh hingga yang berat-berat. Tipe ini biasanya menganggap apa yang dilakukan orang lain salah. Dia saja yang benar. Statusnya berisi kutipan ayat suci dan hadis Nabi.

Baca juga:  Pitnah Orang Sunda Tak Bisa Ngucap F! Ini 5 Buktinya yang Beredar di Media Sosial

3. Tipe seleb
Cirinya: bagian berandanya mengekspos prestasi dan capaian diri. Kalau buka berandanya serasa sedang nonton infotainment.

4. Tipe traveler
Cirinya: berandanya sering menampilkan posisinya di bandara mana, foto di tempat wisata mana, dan biasanya cenderung luar negeri yang jadi pamerannya.

5. Tipe narsis
Cirinya: biasanya beradanya hanya memuat foto. Objek utama fotonya adalah dirinya sendiri dengan segala tingkah polanya, mulai yang serius hingga yang norak. Tipe ini jarang tulis status.

6. Tipe pengutuk
Cirinya: statusnya isinya umpatan, mulai dari yang halus hingga yang kasar.

7. Tipe pengeluh
Cirinya: statusnya selalu mendramatisasi keadaan, seolah-olah dialah orang yang paling menderita di muka bumi.

8. Tipe foto model
Cirinya: beranda dipenuhi foto-fotonya dalam berbagai pose dengan busana terbaru, kendaraan terbaru, dan lokasi terbaru, dengan gaya layaknya model yang betul-betul sadar kamera dan sadar angle.

9. Tipe ilmuwan
Cirinya: status-statusnya berisi informasi terkini tentang pengetahuan tertentu. Bahkan, gambar-gambar yang dipostingnya selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

10. Tipe sastrawan
Cirinya: sering posting puisi atau cerpen. Ciri yang paling sederhana adalah statusnya berisi kata-kata indah yang tak jarang memperhatikan rima akhir.

11. Tipe pedagang
Cirinya: berandanya isinya barang dagangan semua, mulai kosmetik, HP, tablet, motor, dan lain sebagainya.

Tipe-tipe ini hanya untuk pemetaan saja, bukan dalam rangka menyalahkan. Jadi, tak perlu marah kalau ada yang merasa.

Silakan ditambahkan..

syarif hade

Dr. Moch. Syarif Hidayatullah | Founder DatDut.Com
Twitter: @syarifhade

 

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *