Ampuh Tapi Jarang yang Tahu, Ini 9 Trik Browsing yang Bikin Hasil Pencarianmu Lebih Akurat

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Di zaman teknologi seperti saat ini, banyak orang yang mengandalkan internet, khususnya Google untuk menemukan berbagai informasi penting. Google sebagai mesin pencari paling favorit menjadi rujukan banyak orang. Dari pengetahuan umum hingga resep masakan sampai hal-hal unik dapat kita temui informasinya di google.

Tapi kita sering juga tersesat dalam berbagai informasi yang ditampilkan oleh mesin pencari ini. Sebagai sekedar mesin, kini kian banyak orang yang mengakali Google. Contohnya website jenis AGC (Auto Generate Content) yang kian menjamur saja di dunia internet. Website jenis ini akan menangkap semua kata kunci yang termasuk dalam topik website tersebut.

Meskipun tak menyuguhkan data atau artikel yang dicari, tapi website jenis ini banyak yang muncul di halaman pertama. Kalau kita buka website tersebut, maka kita akan disambut dengan paragraf: “Hasil pencarian untuk kata kunci bla bla bla belum tersedia di halaman ini”. Menjengkelkan, bukan?

Nah, untuk mendapatkan informasi yang benar-benar disuguhkan artikel atau kontennya dalam sebuah website hasil pencarian Google, trik-trik unik berikut ini bisa Anda praktikkan. Ini 9 trik browsing yang memang kebanyakan orang tidak tahu. Ini bisa Anda coba dan rasakan hasilnya. Kalau asal mencari dengan mengetik kata kunci, dan ternyata hasil pencarian kurang sesuai dengan keinginan, bisa-bisa buang waktu dan biaya bukan?

[nextpage title=”1. Tanda “|” dan kata “or””]

1. Tanda “|” dan kata “or”

Dua kunci diatas (|, or) merupakan perintah agar Google menghadirkan informasi antara dua hal yang kita bandingkan ataupun kita lupa kelengkapan dari kata kunci yang kita sodorkan. Misalnya ada dua nama yang mirip dan kita ragu mana antara dua orang tersebut yang sesuai dengan pencarian informasi yang kita inginkan.

1-simbol-tegak

Maka simbol “|” dan kata or akan menyuguhkan hasil pencarian dari dua kata kunci yang kita bandingkan. Contoh pencarian untuk profil Jennifer Aniston dan Jennifer Lawrence. Untuk mendapatkan profil mana yang semula telah kita ingat maka ketiklah Jennifer Aniston | Lawrence. Maka hasilnya seperti gambar berikut. Sedang bila menggunakan kata “or” maka hasilnya seperti gambar satunya.

1-b-kata-or

[nextpage title=”2. Simbol ~”]

2. Simbol ~

Symbol “~”yang dalam bahasa Indonesia disebut tilda ini akan memerintahkan mesin pencari untuk menghadirkan informasi dengan berbagai kata yang termasuk sinonim dari kata kunci utama. Hasil pencarian juga akan lebih spesifik pada isu yang kita inginkan.

2-sinonim

Misalnya ingin mencari informasi kesehatan terkait berbagai makanan, maka ketikkan Sehat ~makanan. Maka hasilnya akan seperti berikut ini. Berbagai ulasan tentang makanan sehat, resep makanan sehat, dan ulasan kesehatan tentang makanan.

Baca juga:  Ini 5 Tip agar Bisa Salat Tahajud dari Imam Ghazali

[nextpage title=”3. Artikel dalam Situs Tertentu”]

3. Artikel dalam Situs Tertentu

Misal Anda punya website favorit atau langganan. Kemudian ingin mencari artikel tertentu hanya bersumber dari situs tersebut, maka caranya adalah dengan mengetikkan nama webnya, spasi lalu judul artikel atau kata kunci yang anda inginkan.

3-dalam-web-tertarget

Contoh pencarian di DatDut.com dengan kata kunci puisi. Yang tampil adalah berbagai puisi yang ada  dalam website datdut.com saja. Ini akan lebih mudah ketimbang misalnya Anda ketik “puisi syarif Hade”. Karena yang muncul bukan hanya puisi dalam datdut saja, meskipun tentu datdut juga akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

[nextpage title=”4. Kata Kunci dalam Judul”]

4. Kata Kunci dalam Judul

Dengan trik keempat ini, Anda menemukan artikel atau berita dengan judul yang mengandung kata kunci yang Anda inginkan. Ini jauh lebih nyaman ketimbang anda disuguhi berbagai informasi yang kata kuncinya tersebar. Ini salah satu trik agar Anda terhindar dari informasi ngawur dari website jenis AGC yang saya katakan diatas. Karena konten tanpa judul yang memuat kata kunci akan disingkirkan dari pencarian Google.

4-intitle-makanan-bayi

Ketiklah Intitle:kata kunci. Misal kita ketik intitle:makanan bayi, maka akan muncul berbagai website dengan berita dan artikel yang judulnya memuat kata makanan dan bayi ataupun masih tergolong kategori makanan bayi dalam situs tersebut. Contoh hasil pencarian untuk kata kunci makanan bayi.

[nextpage title=”5. Mencari Kata Kunci dalam URL”]

5. Mencari Kata Kunci dalam URL

URL merupakan singkatan dari “Unifrom Resource Locator”. Yaitu rangkaian karakter menurut format standar tertentu, dipakai untuk menunjukan alamat dari suatu sumber berupa dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet. Biasa juga kita sebut dengan link atau tautan.

Nah, menyisipkan kata kunci yang diinginkan dengan mengkhususkan url yang memuatnya juga akan menyuguhkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Caranya adalah dengan mengetik inurl:kata kunci dalam kotak pencarian.

5-inurl-makanan-bayi

Contoh inurl:makanan bayi, maka hasilnya Google akan menghadirkan berbagai artikel yang dalam url atau tautannya mengandung kata makanan dan bayi. Efeknya, artikel yang pengaturan url-nya asal-asalan juga akan tersingkir. Trik ini juga salah satu cara ampuh agar Anda selamat dari tersesat dalam website abal-abal ala AGC.

[nextpage title=”6. Tambahkan Kerangka Waktu”]

6. Tambahkan Kerangka Waktu

Misalkan kita ingin mengetahui berbagai peristiwa tertentu dalam rentang waktu khusus, maka tambahkanlah rentang waktu tersebut dalam pencarian dengan dipisahkan tiga tanda titik (…). Misalkan ingin mengetahui berbagai peristiwa demonstrasi buruh sejak 2008 sampai 2016, maka ketikkan demonstrasi buruh 2008…2016. Hasilnya seperti ini:

Baca juga:  Mau usir Nyamuk dari Rumah secara Alami dan Aman? 11 Tanaman Ini Solusinya (Bag. 2)

6-kerangka-waktu

[nextpage title=”7. Mencari Frasa Khusus dengan Sepasang Tanda Petik (“…”)”]

7. Mencari Frasa Khusus dengan Sepasang Tanda Petik (“…”)

Sepasang tanda petik akan sangat membantu kita mendapatkan artikel atau berita yang didalamnya memuat frasa yang kita pasangi tanda tersebut. Tidak berupa kata kunci yang tersebar, tetapi benar-benar kata kunci yang hanya ada dalam satu frasa saja.

Bahkan gambar-gambar terkait frasa tersebut juga turut dihadurkan. Kalau tidak dijumpai yang sesuai, biasanya Google akan memberikan jawaban berupa alternative hasil pencarian yang kata kuncinya tersebar. Misalnya kita ketikkan “bunuh ahok” maka hasilnya akan seperti ini:

7-tanda-petik

[nextpage title=”8. Mencari Situs Sejenis dan Menghilangkan Kata yang Tak Diinginkan”]

8. Mencari Situs Sejenis dan Menghilangkan Kata yang Tak Diinginkan

Tambahkan kata Related sebelum situs yang Anda ingin ketahui situs lain yang sejenis dengannya. Maka akan muncul berbagai situs yang topiknya sama atau sejenis dengan situs yang anda masukkan dalam kotak pencarian. Misal kita ketikkan related:datdut.com, maka hasilnya seperti berikut ini:

8-related

Muncul beberapa situs yang sama-sama menghadirkan topik keunikan.

Sementara itu, untuk menghilangkan kata yang tak diinginkan, cukup tambahkan tanda minus (-) dan kata tertentu, maka hasil pencarian yang muncul adalah berbagai informasi terkait kata kunci yang Anda inginkan, namun tanpa kata setelah tanda minus.

Misalnya ingin mengetahui berbagai ulasan buku menarik 2016 namun belum ingin membeli, kita ketikkan Buku menarik 2016 -beli. Maka hasilnya seperti pada gambar. Beda jika tanpa -beli, yang tampil paling awal biasanya website-website toko buku online.

9-tanda-minus

Nah, itulah 9 trik browsing informasi yang akan membuat hasil pencarian lebih spesifik dan sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close