Akal Sehat Bisa Tumpul! Ini 5 Sikap yang Jadi Pemicunya

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Kapanpun dan di manapaun, selagi akal sehat masih digunakan, maka akan selalu ada kebaikan di sekitar kita. Namun faktanya, di zaman yang sudah tua seperti ini, tak semua orang mau menggunakan akal sehatnya. Sehingga tak heran jika yang terjadi adalah ketimpangan sosial dan ketidakharmonisan dalam segala hal. Pada tulisan kali ini, saya ingin menguraikan 5 hal yang bisa mematikan akal sehat kita.

1. Terlalu Cinta

Semua orang pasti pernah merasakan apa itu cinta, suka, nge-fans, atau yang sejenisnyalah. Dengan dasar cinta yang berlebih, setiap orang akan berfikir dan bertindak kurang stabil. Kurang bisa berfikir waras. Mengapa? Karena rasa cinta yang berlebih akan menimbulkan sikap fanatik. Jika fanaik ini sudah mencapai titik akut, maka akan menimbulkan sikap merasa benar sendiri dan orang lain salah.

2. Terlalu Benci

Tentang suka dan benci ini, Nabi Muhammad Saw. telah mewanti-wanti kita agar mengindari kedua sikap itu, “Cintai kekasihmu sewajarnya! karena bisa jadi ia akan menjadi orang yang kau benci di kemudian hari. Dan bencilah musuhmu sewajarnya saja! karena bisa jadi ia akan menjadi orang kau cintai di kemudian hari. Dengan dasar terlalu benci, apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang yang kita benci akan menjadi salah semua di mata kita, meskipun itu benar.

Baca juga:  Yuk Deteksi Gangguan Jin dari 5 Mimpimu Malam Ini

3. Terlalu Ambisi

Hal yang satu ini kadang tak pernah terbesit dalam pikiran kita. Benarkah itu? Mari kita kaji bersama. Memang manusia adalah makhluk yang “serbabisa.” Namun, jika hal ini tidak disikapi dengan proporsional, yang timbul adalah “merasa” serba bisa. Meskipun manusia memiliki kelebihan dibanding makhluk Tuhan yang lain, tapi bukan berarti kita boleh melangkah tanpa perhitungan. Meskipun begitu, banyak pertimbabngan juga tak baik.

Dengan terlalu ambisi, kita akan mengabaikan hal-hal di luar kita. Kita tak akan peduli dengan segala sesuatu yang berfsifat tidak mugkin, yang pada akhirnya akan membuat kita bertindak semau kita sendiri dan mengabaikan kehendak Tuhan.

4. Niat yang Kurang Baik

Niat yang buruk akan membuat yang lain menjadi buruk pula, meskipun itu hal yang sebenarnya baik. Mengapa? Karena akal kita sudah terpenuhi dengan kepentingan-kepentingan yang buruk dan jahat, atau  dalam pribahasa kita, “Ada udang dibalik batu.”

Baca juga:  Sedang Renovasi Rumah? Ini Inspirasi 5 Rumah dengan Desain Unik dan Berkarakter

5. Kebodohan

Seringkali, ketidaktahuan bisa membuat seseorang bertindak tanpa berfikir. Lha apa yang mau dipikir, lha wong di dalam “database” otaknya tak ada apa-apa. Tipologi orang bodoh bisanya ngeyel. Dia tak merasa bahwa dia itu bodoh dan tidak tahu. Imam Syafi’i pernah mengatakan, “Saya tidak pernah kalah di dalam perdebatan, kecuali dengan orang bodoh. Dan tidak pernah menang dalam perdebatan, kecuali dengan orang pintar.”

 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

M. Nurul Huda

Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta dan alumni Pesantren Pasca Tahfihz Bayt al-Qur'an Pusat Studi al-Qur'an Jakarta. Penikmat dadar jagung.
M. Nurul Huda

Latest posts by M. Nurul Huda (see all)

Close