Catat! Ini 5 Agenda Penting Grand Syaikh Al-Azhar Selama di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Situs Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Cabang di Indonesia melalui laman resminya di waag-azhar.or.id, memastikan rencana kehadiran Grand Syaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Thayyeb.

Kehadiran Grand Syaikh ini memenuhi undangan Kementerian Agama RI untuk berkunjung ke Indonesia pada tanggal 21 hingga 26 Februari 2016. Pemimpin tertinggi lembaga Al-Azhar Mesir ini datang ke Indonesia dengan dua misi utama yaitu misi Al-Azhar dan misi Majlis Hukama al-Muslimin (Muslim Council of Elders).

Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah dan penting. Setidaknya atas dua alasan. Pertama, ini merupakan kunjungan pertama Grand Syaikh ke Indonesia. Kedua, peran strategis Grand Syaikh dalam dunia Islam. Kedua belah pihak, baik Indonesia maupun pihak Al-Azhar, sama-sama mendapat keuntungan dari kunjungan ini. Dan, jangan pernah dilupakan bahwa Mesir adalah negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan RI pada tahun 1945.

Dalam kunjungannya ini, Grand Syaikh akan menghadiri beberapa agenda. Berikut 5 di antara agenda pentingnya:

[nextpage title=”1. Bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden”]

1. Bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden

Sebagai tamu kehormatan yang diundang oleh negara dan perannya yang strategis, Grand Syaikh diagendakan akan bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden. Tokoh dunia lslam lainnya yang juga bertemu dengan Presiden adalah Syaikh Abdurrahman Sudais, Imam Besar Masjidil Haram.

Baca juga:  Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok

[nextpage title=”2. Menghadiri Pertemuan Rutin Majlis Hukama al-Muslimin di Jakarta”]

2. Menghadiri Pertemuan Rutin Majlis Hukama al-Muslimin di Jakarta

Menurut laman resminya (muslim-elders.com0, Majlis Hukama al-Muslimin (Muslim Council of Elders) didirikan pada 19 Juli 2014 di Abu Dhabi. merupakan lembaga internasional yang menaungi para ulama besar dari berbagai negara Islam moderat yang mengemban misi mewujudkan perdamaian, hidup berdampingan di dunia Islam, dan memerangi sektarianisme. Grand Syaikh saat ini menjadi ketua lembaga ini. Pada Februari ini, Majlis Hukama al-Muslimin akan mengadakan pertemuan rutin di Jakarta.

[nextpage title=”3. Menerima Anugerah Gelar Doktor Honoris Causa”]

3. Menerima Anugerah Gelar Doktor Honoris Causa

Grand Syaikh akan menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Beliau mendapat gelar doktor kehormatan ini atas peran besar dalam menyebarkan manhaj dakwah moderat di seluruh dunia.

[nextpage title=”4. Meresmikan Masjid di Pondok Modern Gontor”]

4. Meresmikan Masjid di Pondok Modern Gontor

Sebelumnya diinfokan bahwa salah satu agenda penting, berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs waag-azhar.org, Grand Syaikh akan menyampaikan ceramah umum di Masjid Istiqlal dan UI. Ceramah ini akan di-release ke seluruh dunia Islam. Namun, acara ini belum dapat dipastikan. Agenda yang bisa dipastikan lainnya adalah Grand Syaikh akan meresmikan masjid di Pondok Modern Gontor, sepulang dari UIN Malang.

Baca juga:  Sebelum Menyesal dan Terlambat, Yuk Ungkapkan Cinta pada 5 Orang Ini

[nextpage title=”5. Menghadiri Acara Silaturahmi Nasional Alumni Al-Azhar”]

5. Menghadiri Acara Silaturahmi Nasional Alumni Al-Azhar

Berdasarkan informasi dari situs waag-azhar.or.id, Grand Syaikh juga dijadwalkan akan menghadiri acara silaturahmi nasional alumni Universitas Al-Azhar Kairo. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2016 dan bertempat di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah acara di UIN Jakarta ini, Gran Syaikh juga dijadwalkan akan mengunjungi Pusat Studi al-Qur’an (PSQ), milik Prof. Dr. M. Quraish Shihab yang kebetulan juga sebagai ketua IAAI.

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi