Ribut-ribut Soal Banyu Biru, Ini Nih 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Jadi Agen Intelijen

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 374

Waktu Baca2 Menit, 25 Detik

DatDut.Com – Beberapa hari ini jagad maya dihebohkan dengan postingan artis Banyu Biru yang memamerkan SK pengangkatannya sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN). Sontak saja postingan itu mengundang komentar dan tanggapan dari netizen. Banyak yang menyesalkan apa yang dilakukan Banyu Biru tersebut.

Nah, agar tak terulang kesalahan Banyu Biru tersebut, siapa pun yang berminat menjadi anggota BIN perlu tahu apa saja yang harus dilakukannya. Ini 5 hal yang perlu diketahui seseorang sebelum dan saat menjadi agen intelijen, terutama intelijen negara, seperti dikutip dan diolah dari Wikihow.com:

[nextpage title=”1. Sembunyikan Identitas sebagai Agen Rahasia”]

1. Sembunyikan Identitas sebagai Agen Rahasia

Nah, setelah dinyatakan diterima sebagai agen rahasia, satu hal yang harus dilakukan adalah menyembunyikan identitas bahwa dirinya seorang agen rahasia. Bagaimana mungkin menjadi seorang agen rahasia profesional, kalau identitasnya diketahui oleh orang lain. Ini yang mungkin kesalahan fatal yang dilakukan oleh Banyu Biru. Dia seharusnya tidak memberi tahu profesinya itu pada publik, bahkan kepada teman-teman dan keluarganya sekalipun.

[nextpage title=”2. Latar Belakangmu Harus Siap Diperiksa”]

2. Latar Belakangmu Harus Siap Diperiksa

Kalau mau jadi agen rahasia, kamu perlu mempunyai catatan bersih dari tindak pidana, bahkan tindak pidana ringan sekalipun. Ada tes poligraf yang akan digunakan untuk mengetes tingkat akurasi dari klaim status bersih tindak pidana. Tidak ada yang terlewat. Semua akan ditanyakan sedetil-detilnya, termasuk bila kamu pernah mengancam menanam bom meskipun itu dilakukan untuk lucu-lucuan.

Baca juga:  Viral! Gara-gara Logo Ini Banyak yang Mengira Kawasan Kalijodo Dijual ke Sinarmas Group

[nextpage title=”3. Siapkan Portofolio yang Mengesankan terkait Bahasa Asing, Pemahaman Masalah Hukum dan Bisnis”]

3. Siapkan Portofolio yang Mengesankan terkait Bahasa Asing, Pemahaman Masalah Hukum dan Bisnis

Ini juga perlu kamu pahami jauh-jauh hari. Karena tidak ada satu pun agen rahasia di dunia ini yang tidak terpelajar. Dia dituntut mempunyai kecerdasan dan keterampilan di atas rata-rata, baik terkait hal-hal teknis, bahasa asing, masalah hukum, maupun masalah bisnis. Nah, satu hal juga yang perlu diketahui bahwa kamu harus mempunyai pengetahuan terkait objek yang menjadi tugasmu. Wawasan global juga tak kalah pentingnya dalam hal ini.

[nextpage title=”4. Biasakan Diri dalam Kondisi Tak Nyaman”]

4. Biasakan Diri dalam Kondisi Tak Nyaman

Sebagai agen rahasia, kemungkinan besar kamu perlu banyak berpindah-pindah, dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain. Dalam mobilitas tinggi dan cepat itu, kamu dituntut untuk membiasakan diri dalam kondisi tak nyaman dan tertekan, termasuk minimnya fasilitas yang kamu dapat. Maka, kamu tak perlu banyak membawa barang bawaan yang tak perlu, apalagi tak ada hubungannya dengan tugasmu sebagai agen rahasia.

Baca juga:  Agama dan Politik Itu Saudara Kembar, Jangan Dipisahkan!

[nextpage title=”5. Latih Kemampuanmu Dimulai dari Investigasi Hal-hal Kecil yang Terjadi di Lingkunganmu”]

5. Latih Kemampuanmu Dimulai dari Investigasi Hal-hal Kecil yang Terjadi di Lingkunganmu

Kemampuan sebagai agen rahasia bisa dilatih sejak dini dengan menyenangi segala hal yang berhubungan dengan investigasi. Karenanya jangan segan untuk selalu kepo terhadap berbagai hal yang ada di sekitarmu. Investigasi apa yang terjadi sampai kamu bisa membongkar dan mengungkap apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Redaksi