Syar'i

Agar Menjadi Haji Mabrur, Lakukan 5 Hal Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Haji adalah salah satu ibadah dambaan umat Islam, karena termasuk salah satu Rukun Islam yang kelima. Namun, tidak semua orang Islam dapat melaksanakan ibadah yang satu ini.

Ibadah haji membutuhkan ongkos yang tidak sedikit. Selain itu, ibadah haji di Indonesia membutuhkan antrian waktu yang cukup lama, hingga bertahun-tahun.

Bagi Anda yang sudah berkesempatan berangkat, saya ikut senang, Alhamdulillah. Walaupun saya belum pernah berangkat haji, namun saya ingin mengingatkan pesan para ulama untuk para jamaah haji yang akan segera melaksanakan ibadah suci ini pada bulan Zulhijah nanti.

Nah, sayang kalau hajinya tidak mabrur, kan. Yuk, kita renungkan apa aja lima pesan ulama agar dapat menjadi haji mabrur:

1. Ikhlaskan Niat

Di antara Rukun Islam yang lima, menurut saya, haji adalah yang paling berat. Pertama, kita harus keluar uang puluhan juta, bahkan mungkin ratusan. Kedua, butuh tenaga ekstra, karena kita harus jauh-jauh pergi ke Mekah untuk melaksanakan semua kewajiban dan rukun haji.

Ketiga, kita berpisah untuk beberapa waktu dengan sanak famili. Oleh karena itu, mungkin ada baiknya proses antri untuk berangkat haji itu membutuhkan waktu lama.

Anda diberikan kesempatan oleh Allah untuk memperbaiki niat. Bukan hanya untuk sekedar mencari status sosial dan mendapat gelar Bu haji atau Pak Haji, untuk shoping,  Sayang-sayang lho!.

Baca juga:  Kualitas Bacaan Salat Berpengaruhkah pada Sah dan Tidaknya Salat?

2. Taubat Nasuha

Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak pernah berbuat dosa? Jawabnnya, hanya para nabi yang tidak pernah berbuat dosa.

Jauh-jauh waktu sebelum berangkat haji, perbanyaklah memohon ampun kepada Allah, terlebih lagi bagi Anda yang salat dan puasa Ramadannya masih blantang-blentong, besok salat, besoknya lagi gak salat; tahun ini puasa, tahun depan libur dulu.

Mumpung masih ada waktu, buruan bebenah untuk rajin salat lima waktu, puasa Ramadan full sebulan.

3. Minta Maaf pada Orang yang Pernah Anda Sakiti

Meminta dan memberikan maaf adalah dua perbuatan yang mudah diucapkan, namun berat untuk dilaksanakan. Gimana gak berat, misalnya Anda pernah diludahi oleh seseorang didepan teman-teman Anda, lalu  orang yang telah menyakiti kita itu, hanya dengan kata “maaf”, dosa yang pernah ia perbuat kepada kita diampuni oleh Allah.

Sebenarnya, dalam masalah ini, kita diperbolehkan membalas setimpal perbuatan orang tersebut. Namun, memaafkan merupakan hal yang dianjurkan dalam Alquran. Begitupun meminta maaf.

Perasaan gengsi dan sombong membuat orang enggan meminta maaf pada orang lain yang pernah dilukai hati ataupun fisikinya.

4. Pelajari Syarat, Wajib, Rukun, dan Sunah Haji Sejak Dini

Ada baiknya, sebelum Anda berangkat haji belajarlah terlebih dulu hal-hal yang berkaitan dengan haji sejak dini.

Baca juga:  Empat Sifat Nabi Muhammad yang Jadi Kunci Sukses Dakwahnya

Hal ini diperlukan untuk menyempurnakan ibadah haji Anda dan tidak ada sedikitpun pahala yang tertinggal di Mekah sana. Ada baiknya, sejak saat ini, Anda belajar langsung pada kyai atau ustaz di tempat Anda tinggal.

5. Berperilaku Baik

Abdullah bin Umar pernah bilang begini, “Berbuat baik itu mudah, kok. Minimal bentuknya dalam wajah ramah dan perkataan yang lemah lembut.”

Ini artinya berbuat baik kepada orang lain itu tidak sulit-sulit amat dan tidak harus mahal. Cukup senyum dan sopan pada orang lain, sudah termasuk berbuat baik. Tapi tidak ada salahnya juga bila rejeki berlebih, berikanlah untuk orang-orang sekitar kita yang membutuhkan. Ini jauh lebih baik. (IH)

 

 

 

 

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *