Ini 5 Tanda Kiamat yang Sudah Tampak

2 0
  • 91
  •  
  •  
  •  
    91
    Shares

Dibaca: 4629

Waktu Baca3 Menit, 42 Detik

Datdut.Com – Hari kiamat merupakan misteri yang tidak dapat diketahui oleh siapa pun. Bahkan, Nabi Muhammad Saw. sekalipun tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi. Bagi Muslim, mempercayai hari kiamat termasuk bagian dari rukun Iman yang ke-5.

Dalam beberapa surat Alquran, Allah mengingatkan kita akan dahsyatnya hari kiamat. Di antaranya disebutkan dalam surah al-Qiyamah, al-Ghasyiyah, dan al-Waqi’ah.

Namun demikian, Nabi dan perkataan ulama memberikan rambu-rambu atau tanda-tanda bahwa kapan kiamat sudah di depan mata. Dengan rambu-rambu tersebut, diharapkan agar kita selalu berusaha berbuat baik untuk bekal di hari akhir nanti. Berikut 5 tanda kiamat yang sudah tampak di depan mata kita:

1. Pengembala Kambing Bersaing Membuat Gedung Pencakar Langit

Nabi Muhammad Saw. tidak tahu secara pasti kapan kiamat akan terjadi. Sebagai nabi, tentu ia diberikan mukjizat untuk mengetahui tanda-tanda akan terjadinya kiamat. Dalam sabdanya, Nabi Saw. mengingatkan kita akan tanda kiamat, (salah satu ciri kiamat adalah) pengembala kambing bersaing membuat gedung pencakar langit (HR. Abu Daud).

Saat itu, mungkin para sahabat langsung mengimani apa yang nabi katakana, tanpa ragu sedikit pun, walaupun hal tersebut belum nyata terjadi. Namun, saat ini kita dapat melihat sangat jelas akan tampaknya sabda nabi tersebut.

Menurut Imam An-Nawawi, pengembala kambing tersebut adalah orang-orang kampung yang diberikan kelebihan rezeki, dan kemudian menyombongkannya dengan cara membuat rumah sebesar-besarnya.

Pada masa nabi, menggembala hewan ternak merupakan salah satu profesi yang orang Arab lakukan. Namun, saat ini mereka telah menjelma menjadi pemilik modal besar yang mampu membangun gedung-gedung pencakar langit.

Di Dubai terdapat Burj (Menara) Khalifah yang memiliki ketinggian 850 meter. Pada tahun 2019 nanti, Arab Saudi akan memiliki Kingdom Tower yang direncanakan memiliki tinggi lebih dari 1 km. Inilah tanda kiamat yang semakin terasa berada di tengah-tengah kita.

Baca juga:  Sebelum Menyesal dan Terlambat, Yuk Ungkapkan Cinta pada 5 Orang Ini

2. Anak Menyakiti Ibunya

Islam atau bahkan agama lainnya menegaskan bahwa menyakiti kedua orang merupakan dosa besar yang tidak diampuni. Perintah berbuat baik pada keduanya pun terekam dalam Alquran, Teman-teman, Tuhan melarangmu menyembah selain-Nya. (Dan Dia) mewanti-wantimu untuk berbakti pada ayah dan ibumu semaksimal mungkin. Kalau nanti ayah dan ibu sudah tua, maka (rawatlah keduanya dengan ikhlas) dan jangan sekali-kali berkata kasar pada keduanya, apalagi memaki-makinya. Santunlah pada keduanya (QS Al-Isra [17]: 23).

Namun, yang terjadi saat ini adalah sebaliknya. Tidak sedikit seorang anak berani menuntut orang tuanya di pengadilan, yang bahkan sudah tua renta, hanya gara-gara harta. Bahkan, tidak jarang juga seorang anak yang berani membunuh orang tua kandungnya sendiri.

3. Berlomba-lomba Membangun Masjid

Membangun masjid merupakan bagian dari cara memakmurkannya, apalagi hal tersebut merupakan perintah agama yang sangat dianjurkan. Allah berfirman, “Hanya mereka yang beriman pada Allah dan hari kiamat, melaksanakan salat sebaik-baiknya, membayar zakat, dan tidak takut pada selain Allah lah yang mau meramaikan masjid. Semoga mereka selalu termasuk dalam bagian orang-orang yang diberi hidayah (QS. At-Taubah [9]: 18).

Faktanya, yang terjadi saat ini adalah sebaliknya. Banyak masjid megah di mana-mana, namun sangat jarang muslim yang meramaikan masjid tersebut. Nabi mengingatkan kita dalam sabdanya, sebagaimana diriwayatkan dari Anas, “Kiamat tidak akan terjadi sampai umat Islam saling bermegah-megahan dalam membangun masjid (namun jamaahnya kosong),” (HR. Abu Daud).

4. Kekeringan di Tiga Tempat

Salah satu ulama Mesir ternama, Syaikh Ali Jum’ah, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com, mengungkapkan bahwa saat ini tanda-tanda kiamat sudah di depan mata kita.

Baca juga:  Ini 5 Sikap Positif agar Kamu Tak Gila Kerja dan Bikin Keluarga Terlantar

Menurutnya, tanda-tanda tersebut adalah kekeringan yang terjadi di tiga tempat, yaitu Nakhl Baisan (Syam), danau Tiberias, dan mata air Zaghar. Nakhl Baisan merupakan nama salah satu daerah yang berada di Suriah yang saat ini diduduki oleh Zionis Israel.

Selain itu, danau Tiberias juga mengalami kesurutan. Danau ini merupakan sumber utama air bersih yang biasa digunakan penduduk Israel. Sementara itu, mata air Zaghar terletak di sebuah desa di dekat Laut Mati di Jordania. Mata air ini pun mengalami kekeringan.

5. Kemaksiatan Merajalela

Saat ini, media sosial merupakan salah satu fasilitas teknologi yang dapat dinikmati manfaatnya oleh siapa pun. Namun, tidak semua penggunanya memanfaatkan media tersebut untuk hal-hal positif.

Kita dapat menemukan penyelewengan penggunaan media sosial yang terjadi di masyarakat. Misalnya, untuk transaksi prostitusi dan penjualan minuman keras.

Padahal, dalam hadis, nabi menyebutkan bahwa salah satu tanda dekatnya kiamat adalah merajalelanya kemaksiatan di mana-mana. Kita sebagai muslim perlu mengingatkan saudara kita sesama muslim yang sedang lalai. Tentunya, dengan ajakan-ajakan yang santun dan tidak anarkis.

[Editor: Neng Irin]

harisPenulis : Ibnu Harish, Peneliti Pusat Penerjemahan Alquran dan Hadis (PPQH)

Fb : Ibnu Harish

 

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Redaksi
  • 91
    Shares

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *