Bukan Cuma Bola, Spanyol Juga Banyak Melahirkan Intelektual Muslim

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Spanyol saat ini merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal dengan grup sepak bolanya. Negara yang menjadikan Katolik Roma sebagai agama resmi di negaranya ini pernah diduduki Islam dan meraih kejayaan selama enam periode.

Selama Islam berkuasa di Spanyol (711-1492 M) terdapat kemajuan intelektual yang luar biasa. Yuk kita simak 5 perkembangannya di bawah ini.

1. Filsafat

Terdapat dua tokoh utama dalam perkembangan filsafat Arab-Spanyol pada masa itu. Pertama adalah Abu Bakar Muhammad bin Al-Sayigh yang lebih dikenal dengan Ibnu Bajjah. Dilahirkan di Saragosa, ia pindah ke Sevilla dan Granada. Meninggal tahun 1138 M di Fez. Karyanya adalah Tadbir al-Mutawahhid.

Kedua adalah Abu Bakar bin Thufail, atau populer dengan nama Ibnu Thufail. Ia adalah seorang penduduk asli di timur Granada. Karya filsafatnya yang sangat terkenal adalah Hayy ibn Yaqzhan.

Selain kedua tokoh utama tersebut, ada lagi tokoh filsafat pengikut Aristoteles yang sangat terkenal lahir di Spanyol. Dialah Ibnu Rusyd yang berasal dari Cordova. Ibnu Rusyd lahir tahun 1126 M dan meninggal tahun 1198 M.

2. Sains

Dalam bidang sains, perkembangan Islam di Spanyol membuat banyak ilmuwan lahir dari wilayah ini. Ilmu-ilmu kesehatan, matematika, astronomi, kimia, dan lain-lain berkembang dengan pesat.

Baca juga:  Terkait Hubungan Bos-Pekerja, ini 5 Pesan Rasulullah tentang Cara Memperlakukan Bawahan dengan Baik

Dalam bidang kesehatan ada Umm Al-Hasan binti Abi Ja’far yang merupakan ahli kedokteran dari kalangan wanita. Ada juga Ahmad bin Ibas dari Cordova yang merupakan ahli dalam bidang obat-obatan.

Tokoh lainnya adalah Abbas bin Farnas merupakan seorang ahli ilmu kimia dan astronomi, yang juga merupakan orang pertama menemukan pembuatan kaca dari batu.

3. Fikih

Dalam bidang fikih, Spanyol Islam dikenal sebagai penganut mazhab Maliki. Tokoh yang memperkenalkan mazhab ini adalah Ziyad bin Abdurrahman.

Ahli fikih pada masa Islam Spanyol yang menjadi qadhi pada masa Hisyam bin Abdrahman adalah Ibnu Yahya. Ahli-ahli fikih lainnya yaitu Abu Bakar bin Al-Quthiyah, Munzir bin Sa’id al-Baluthi, dan Ibnu Hazm yang terkenal.

4. Musik dan Kesenian

Tokoh yang tekenal di bidang musik dan kesenian pada masa Spanyol Islam adalah Al-Hasan bin Nafi atau biasa dijuluki Zaryab. Dalam setiap pertemuan dan jamuan, Zaryab selalu tampil dan menunjukkan kebolehannya. Ia juga terkenal sebagai penggubah lagu.

Baca juga:  Banyak Mitos Salah Seputar Mie Instan, Padahal Begini Faktanya

5. Bahasa dan Sastra

Kenal dengan pengarang kitab Alfiyah Ibnu Malik? Atau bahkan Anda sudah menghafalkan bait yang berjumlah 1000 itu? Jangan salah pengarangnya berasal dari Spanyol.

Bahasa Arab yang telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Spanyol Islam menyebabkan banyak ahli tata bahasa Arab yang lahir dari kawasan ini. Selain Ibnu Malik ada juga Ibn Sayyidih, Abu Hayan al-Gharnathi, Ibn Al-Hajj dan masih banyak lagi.

Itulah segelintir informasi tentang perkembangan Islam di Spanyol. Meskipun sekarang umat Islam hanya tersisa sedikit di Spanyol, tetapi kita jangan pernah melupakan bahwa Islam juga pernah berkembang pesat di Negara ini.

 

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close