Ini 5 Keutamaan Membaca dan Mengkhatamkan Al-Qur’an

  • 55
  •  
  •  
  •  
    55
    Shares

Dibaca: 4749

Waktu Baca3 Menit, 1 Detik

Datdut.Com – Keutamaan membaca al-Qur’an merupakan ibadah yang tidak ada satu ulama pun berbeda pendapat mengenai kesunahannya. Siapa pun yang melakukannya pasti mendapatkan pahala yang tidak sedikit.

Bayangkan saja, membaca satu huruf mendapat pahala sepuluh kali lipat. Apalagi kalau kita membaca secara rutin hingga mengkhatamkannya berkali-kali. Coba deh kamu hitung sendiri pahalanya, pokoknya banyak banget deh.

Mengkhatamkan al-Qur’an dapat dilakukan perorangan ataupun berjamaah. Kalian tau ngga? Para ulama jaman dulu sering sekali melakukannya. Ada yang sebulan sekali, seminggu sekali, tiga hari sekali, dan bahkan ada yang sehari. Tapi ingat yah, jangan sampe meninggalkan kewajiban rutinitas sehari-hari. Kerja berjalan, ibadah pun dapat berjalan lancar.

Nah, ada baiknya juga, kalian tahu 5 keutamaan mengkhatamkan al-Qur’an. Simak, yuk!

1. Mempererat Silaturahim

Mempererat silaturahim antar keluarga dapat dilakukan dengan berbagai hal positif, seperti arisan keluarga, jalan-jalan bersama, dan lain sebagainya. Nah, kenapa kita tidak coba membuat halaqah khataman al-Qur’an dalam acara-acara silaturahim itu?

Saya sebutin nih ya, beberapa riwayat yang menjelaskan disunahkannya khataman al-Qur’an. Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa ketika ia mengkhatamkan al-Qur’an, ia panggil keluarga-keluarganya dan berdoa bersam. (HR. Darimi) Selain itu, Mujahid meriwayatkan bahwa para Sahabat selalu berkumpul saat khataman al-Qur’an. Menurut mereka rahmat Allah akan turun pada saat tersebut.

2. Pembacanya Mendapat Syafaat di Akhirat

Kata Nabi Muhamad SAW., “Ada dua orang yang kita diperbolehkan iri padanya, yaitu (1) seseorang yang Allah karuniai istikamah dalam membaca al-Qur’an di malam hari ataupun di (sela-sela kesibukannya saat bekerja) siang hari; (2) seseorang yang Allah karuniai istikamah dalam bersedekah siang malam. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga:  Ini Keistimewaan Masjidil Aqsa dan Palestina dalam Alquran dan Hadis

Selain itu, Nabi juga pernah bilang begini, ” Bacalah al-Qur’an, karena ia akan memberi syafaat pada pembacanya di hari Kiamat nanti.” Tuh kan, baru baca saja sudah dapat syafaat. Apalagi sampe khatam berkali-kali!?

3. Penenang Jiwa

Masih ingat nyanyian Tombo Ati (Obat Penenang Hati) yang dipopulerkan oleh Opik?. Nah, diantara Tombo Ati itu moco Qur’an samaknané (Membaca sambil memahami maknanya). Ini yang dianjurkan oleh para ulama.

Memang, membaca saja sudah mendapatkan pahala, namun tidak ada salahnya kita memahami makna ayat-ayat al-Qur’an yang sedang kita baca. Toh, tujuan kita membaca al-Qur’an untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Bagaimana mau praktek kalau tidak tahu maknanya?!

4. Dikabulkan Segala Keinginannya

Bagi umat Muslim, bahkan mungkin umat lainnya. Doa dengan penuh keikhlasan adalah senjata yang ampuh dalam kehidupan sehari-hari ketika kita sedang membutuhkan sesuatu. Nah, doa apa saja itu ada dalam al-Qur’an. Mau banyak rejeki, anak salih, kemudahan dalam belajar, digampangkan jodoh, dan banyak lagi yang lainnya, deh. Makanya, jangan lupa baca dan khatamin al-Qur’an ya!

5. Obat Segala Penyakit

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, “Rasulullah mengirim 30 orang sahabat untuk pergi ke suatu tempat. Kami mampir di suatu komunitas orang Arab. Kami ingin bertamu ke mereka, namun ditolak. (Saat kami hendak mencari tempat lain), tiba-tiba salah tokoh mereka tersengat kalajengking. Mereka meminta tolong kepada kami untuk menyembuhkan sengatan tersebut. “Imbalan apa yang akan kalian berikan kalau dia sembuh?,” pinta kami. “30 ekor kambing,” balas mereka. Akhirnya kubacakan Al-Fatihah sebanyak 7 kali, dan ia pun sembuh. (HR. Baihaqi).

Baca juga:  Suara Merdu dan Menyayat Hati Qari Tunanetra dari Gaza Palestina yang Bikin Nangis

Sahabat Nabi yang bernama Abu Said al-Khudri itu mengobati seseorang yang tersengat kalajengking hanya dengan membaca al-Fatihah sebanyak tujuh kali, dan Alhamdulillah langsung sembuh.

Nah, untuk mengamalkan semua hal baik yang tadi dijelaskan, gampang gaes. Karena saat ini, di Jakarta ada komunitas yang bernama Halaqah Khataman Qur’an atau lebih dikenal dengan HAKQU. Untuk bergabung dengan HAKQU, mudah kok caranya. Tinggal kirimkan no hp kalian via sms atau whatsup ke no 085711522243.

harisKontributor: Ibnu Harish | Peneliti Pusat Penerjemahan Alquran dan Hadis (PPQH)

Twitter: @ibnuharish2

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
50 %
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
50 %

Komentar

Redaksi
  • 55
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *