Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Terkait Hari Jumat

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com – Banyak riwayat hadis yang menyatakan akan kemulian hari Jumat. Hal itu, karena banyak kisah dan kejadian penting yang terjadi pada hari tersebut.

Salah satunya, dalam suatu riwayat Abu Daud dan Tirmizi, Rasulullah Saw. bersabda, “Hari Jumat adalah hari di mana pertama kalinya matahari diterbitkan, hari Nabi Adam diciptakan dan meninggal, juga hari di mana Kiamat akan terjadi, dan hari saat sangkakala akan ditiupkan”.

Nah, pada tulisan kali ini saya akan sebutkan 5 saja tentang keistimewaan hari Jumat. Yuk, simak.

1. Allah Mengabulkan Doa Hamba-Nya

Karena semua peristiwa penting itu terjadi pada hari Jumat, Nabi saw bersabda, “Ada suatu masa pada hari Jumat, tidaklah seorang hamba berdoa dan meminta, kecuali Allah akan memberikan apa yang dia minta itu,” (HR Abu Daud dan Tirmizi). Juga dalam hadis lain riwayat Muslim dan Abu Dawud dikatakan, “Waktu mustajab itu adalah akhir petang,” dan riwayat Tirmizi menambahkan, ”yaitu sampai sebelum waktu maghrib.”

2. Terampuni Dosa Selama 10 Hari

Siapa? Yaitu seseorang yang mandi, lalu datang untuk jamaah shalat Jumat, ia memerhatikan dan menyimak khutbah sampai selesai, kemudian ikut berjamaah shalat Jumat. Maka dialah yang akan diampuni dosa-dosanya dari hari Jumat ke hari Jumat berikutnya, dan ditambah 3 hari (HR. Muslim). Yang berarti dia diampuni selama 10 hari yang akan datang.

Baca juga:  Perzinaan yang Tak Lagi Bisa Dikendalikan sebagai Tanda Bumi Telah Tua

3. Disunahkan untuk Bersalawat kepada Nabi

Keutamaan bersalawat di hari Jumat melebihi dari hari-hari lainnya. Dalam suatu hadis yang diriwayatkan An-Nasai, Nabi saw mengatakan, “Perbanyaklah kalian bersalawat padaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya salawat yang kalian baca itu sampai kepadaku.”

Di lain waktu Nabi saw juga menjelaskan, “Siapa yang berdoa tanpa bersalawat kepadanya, maka doanya itu terhenti sampai di langit dunia, dan tidak akan naik sedikit pun sampai ia bersalawat kepada Nabi saw.,” (HR. Tirmizi).

4. Selamat dari Azab Kubur

Salah satu keutamaan hari Jumat juga bahwa seseorang yang meninggal pada hari itu akan selamat dari azab kubur. (HR. Tirmizi dan Ahmad). Dalam riwayat Baihaqi, dikatakan dia meninggal dengan iman dan khusnul khatimah, hadis riwayat Baihaqi ini sangat dhaif. Tapi Tirmizi mengatakan bahwa hadis tentang fadhilah meninggal hari jumat, secara keseluruhan sanadnya hasan.

5. Dipancarkan Cahaya kepada Hamba-Nya

Baca juga:  Renungkan Ayat-ayat Ini sebelum Memilih Bagi-bagi Zakat Mengundang Fakir Miskin

Keistimewaan hari jumat yang lain adalah siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari jumat akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua jumat (HR. Hakim dan Baihaqi). Ibnu Hajar mengomentari hadis ini hasan dan merupakan hadis tentang keutamaan surah al-Kahfi yang paling kuat sanadnya. Dalam riwayat lain An-Nasai menambahkan, “Dipancarkan cahaya sejauh antara dirinya dan Baitul Atiq.”

Asy-Syaukani dalam Tuhfatul Adz-Dzakirain menjelaskan, arti dari dipancarkan cahaya dalam hadis ini, maksudnya adalah, orang tersebut akan diberikan manfaat dan pahala yang terus berlaku di antara dua jumat.

(Editor : Elok)

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penulis tetap Datdut.Com)

Twitter : @NengAirin

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Neneng Maghfiro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close